Sukses

Kiat untuk Menyapih Anak dengan Mudah

Setelah fase ASI, bayi pun mulai diberikan makanan padat atau MPASI. Inilah waktunya bagi Anda sebagai orangtua untuk mengetahui rambu-rambu pemberian MPASI.

Salah satu masalah klasik ibu yang memiliki buah hati adalah kesulitan untuk menyapih anak. Belum lagi ketika anak Anda sulit makan. Jangan buru-buru putus asa atau kesal karena fase ini merupakan suatu perkembangan yang cukup emosional bagi bayi, dan dalam hal ini kesabaran Anda dibutuhkan.

Memberikan bayi Anda makanan padat bagaikan dunia yang baru baginya, karena ia mulai diperkenalkan dengan tekstur dan rasa selain ASI atau susu formula.

Berikut adalah beberapa kiat untuk mulai menyapih bayi Anda:

  • Biarkan bayi Anda menentukan kecepatannya sendiri. Jika ia menolak makanan, berikan susu dan cobalah memberikan ulang makanan ketika ia tidak terlihat lelah.
  • Cobalah memberikan satu jenis makanan dahulu. Hal ini juga dapat membuat Anda mengetahui apakah bayi Anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Berikan dulu dalam porsi kecil (sekitar 1 sdt) dan tingkatkan seiring dengan frekuensi makan.
  • Hindari juga memberikan gula atau garam karena pada fase ini bayi juga belum mengenali rasa makanan. Selain itu, pemberian garam yang berlebihan dapat membebani ginjal bayi Anda.
  • Hindari memberikan tambahan lemak seperti mentega atau minyak, kecuali jika disarankan oleh dokter anak Anda. Mentega dan minyak merupakan bahan-bahan yang sulit dicerna oleh bayi Anda.
  • Jika Anda memanaskan makanan, sebelum memberikan pada bayi, aduk secara perlahan dan tes dahulu suhunya.
  • Jika bayi Anda tidak menyukai rasa tertentu, jangan dipaksakan. Cobalah berikan dalam bentuk lain. Bayi sering kali menolak makanan tertentu berulang kali hingga ia akhirnya bisa menerimanya.
  • Jangan marahi bayi Anda jika ia sudah mulai mencoba memegang makanan sendiri dan menjadi berantakan. Setiap bayi berbeda-beda dan jangan bandingkan dengan bayi lain. Bersabarlah dan jadikan setiap waktu makan dengan bayi Anda waktu yang menyenangkan. 

0 Komentar

Belum ada komentar