Sukses

Obesitas Saat Bayi Menyebabkan Obesitas di Masa Mendatang?

Obesitas saat bayi diyakini sebagai penyebab seorang anak mengalami hal yang sama di masa mendatang. Namun, benarkah obesitas saat bayi dapat berdampak demikian? Berikut ulasannya.

Obesitas yang terjadi saat bayi diyakini turut mempengaruhi kondisi berat badan anak di masa depan. Dengan kata lain, ketika seorang bayi mengalami obesitas, maka bayi tersebut akan mengalami obesitas juga ketika besar nanti. Namun, benarkah hal ini?

Pada penelitian terbaru yang dilakukan di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, disebutkan bahwa indeks massa tubuh yang tinggi pada bayi berhubungan dengan kejadian obesitas ketika bayi tersebut berusia 6 tahun. Di dalam penelitian tersebut, bayi-bayi yang mengalami obesitas, rata-rata akan mengalami obesitas juga ketika mereka barusia 6 tahun.

Indeks massa tubuh (IMT) adalah metode yang bisa digunakan untuk menentukan berat badan sehat dengan cara membandingkan berat badan dengan tinggi badan. Indeks massa tubuh bermanfaat untuk menganalisa ukuran tubuh secara keseluruhan dan melihat berat badan ideal seseorang.

Pengelompokkan indeks massa tubuh bagi populasi Asia, yakni:

  • Obesitas: Indeks massa tubuh lebih dari 25 kg/m2
  • Kelebihan berat badan (gemuk): Indeks massa tubuh 23-24.9 kg/m2.
  • Normal: Indeks massa tubuh 18.5-22.9 kg/m2.
  • Kekurangan berat badan (kurus): Indeks massa tubuh kurang dari 18.5 kg/m2.

Indeks massa tubuh ini dapat digunakan untuk segala usia, mulai dari usia anak-anak hingga usia dewasa.

Pengukuran indeks massa tubuh ini biasanya tidak rutin dilakukan untuk anak usia kurang dari 2 tahun. Namun, dengan dilakukannya penelitian ini, maka pemeriksan indeks massa tubuh ternyata penting untuk dilakukan pada bayi sekalipun.

Studi ini menunjukkan bahwa indeks massa tubuh yang tinggi pada usia 6, 12, atau 18 bulan merupakan penanda kuat bahwa anak tersebut akan mengalami obesitas pada usia 6 tahun.

Oleh karena itu, melalui penelitian ini, para dokter anak diharapkan untuk melakukan pengukuran indeks massa tubuh dimulai sejak anak berusia 6 bulan. Apabila hasil dari indeks massa tubuh anak tersebut menunjukkan kegemukan atau bahkan obesitas, maka orangtua harus diberikan edukasi yang lebih mendalam agar mereka dapat menerapkan pola hidup sehat pada anaknya, sehingga anak tersebut tidak mengalami obesitas ketika ia besar.

0 Komentar

Belum ada komentar