Sukses

Gigi Gingsul, Lebih Baik Dicabut atau Dirawat?

Gigi gingsul terkadang dapat membuat penampilan seseorang lebih menarik, namun ada pula yang berpendapat sebaliknya. Lalu, gigi gingsul lebih baik dicabut atau di rawat? Berikut info medisnya.

Keberadaan gigi gingsul terkadang menjadi suatu dilema. Pasalnya, ada yang berpendapat bahwa gigi gingsul dapat membuat seseorang tampak semakin menarik, tetapi juga ada yang berpendapat bahwa gigi gingsul malah membuat senyum seseorang menjadi tidak menawan karena posisi gigi yang tidak sesuai.

Gigi gingsul biasanya terjadi pada gigi taring rahang atas. Hal ini terjadi karena gigi tersebut mengalami arah pertumbuhan yang tidak normal, sehingga muncul pada gusi bagian pipi (bukal). Selain itu, gangguan pada saat pertumbuhan gigi juga dapat menyebabkan timbulnya gigi gingsul.

Lalu, apakah gigi gingsul harus dicabut ataukah dirawat?

Pada prinsipnya, pencabutan gigi dilakukan jika memang sudah tidak ada lagi jenis perawatan atau tindakan yang dapat menyelamatkan gigi tersebut untuk mengindari risiko kesehatan. Selain itu, pencabutan gigi juga tidak bisa dilakukan atas dasar permintaan pasien, melainkan sesuai dengan keputusan dari dokter gigi.

Oleh karena itu, sebelum pencabutan gigi dilakukan, gigi yang hendak dicabut harus diperhatikan terlebih dahulu kondisinya, apakah gigi tersebut masih sehat dan berfungsi dengan normal atau sebaliknya. Dengan kata lain, untuk kasus gigi gingsul harus dicabut atau dirawat, maka hal ini kembali lagi pada kondisi gigi tersebut.

Pada banyak kasus, kejadian gigi gingsul biasanya hanya perlu dilakukan perawatan. Perawatan untuk gigi gingsul yang biasanya dilakukan adalah perawatan ortodonti atau kawat gigi, dan bisa juga dikombinasikan dengan perawatan pembedahan.

Perawatan ortodonti ini dilakukan untuk memperbaiki posisi gigi gingsul. Selain itu, perawatan ortodonti juga berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi secara keseluruhan dan memperbaiki hubungan atau kontak antara gigi rahang atas dengan rahang bawah.

Pada suatu kasus gigi gingsul yang hendak dirawat dengan perawatan ortodonti, maka tindakan pencabutan harus dilakukan terlebih dahulu pada dua gigi belakang yang terdapat di rahang atas agar gigi taring bisa mendapatkan tempat di lengkung rahang.

Jadi, walaupun gigi gingsul terkadang membuat penampilan seseorang lebih menarik, namun sebenarnya gigi tersebut mengalami posisi yang tidak normal sehingga rentan untuk menimbulkan masalah kesehatan pada gigi itu sendiri, maupun pada gigi sebelahnya dan pada jaringan gusi di sekitarnya.

0 Komentar

Belum ada komentar