Sukses

Bisa Lumpuh Akibat Cedera Tulang Belakang

Cedera tulang belakang dapat mengakibatkan kelumpuhan bahkan kematian, tergantung dari letak daerah di tulang belakang yang mengalami cedera. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Belum lama ini publik dihebohkan dengan berita lumpuhnya tubuh seorang pelajar sekolah dasar (SD), akibat terjatuh dengan posisi terduduk dan kepala terbentur lantai setelah dijahili oleh teman-teman di sekolahnya. Kejahilan yang dianggap wajar dan sering dilakukan oleh siswa SD tersebut berujung petaka. Sungguh ironis karena sekolah seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan di mana murid-murid dapat bersosialisasi dan menimba ilmu yang positif.

Dari segi medis, cedera pada tulang belakang memang dapat berakibat fatal. Cedera tulang belakang dan kelumpuhan merupakan hal yang sering dikaitkan. Cedera tulang belakang dapat menyebabkan kelumpuhan ringan hingga kematian, tergantung dari letak daerah di tulang belakang yang mengalami cedera. Setiap tahunnya diperkirakan sekitar 11.000 orang mengalami cedera tulang belakang di Amerika Serikat.

Perlu diketahui bahwa cedera tulang belakang bukanlah hal yang sepele. Penanganan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan, karena dapat mengurangi efek jangka panjang.

Apa itu tulang belakang?

Tulang belakang merupakan sekumpulan saraf yang berada di bagian tengah tubuh bagian belakang kita, mulai dari kepala hingga punggung bagian bawah. Tulang belakang terdiri dari tulang leher, tulang dada, tulang lumbal, tulang sakral dan tulang ekor. Tugasnya sangat penting yaitu membawa sinyal ke dan dari otak ke tubuh, sehingga menghubungkan antara otak dengan tubuh kita. Jika terjadi cedera pada tulang belakang, sinyal tersebut tentunya akan terganggu.

Cedera tulang belakang dapat terjadi komplet maupun inkomplet. Komplet berarti sinyal antar otak dan tubuh terputus total, maka akan muncul gejala kelumpuhan pada daerah di bawah tingkatan tulang belakang yang mengalami cedera. Sedangkan bila terjadi cedera tulang belakang inkomplet, masih ada sebagian sinyal antar otak dan tubuh yang berfungsi sehingga pasien masih dapat merasakan sensasi maupun melakukan pergerakan.

Apa saja yang dapat menyebabkan cedera tulang belakang?

Berdasarkan National Spinal Cord Injury Statistical Center, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama terjadinya cedera tulang belakang diikuti dengan jatuh, kekerasan dan aktivitas rekreasi ataupun olahraga. Penyebab lain dapat akibat tumor maupun peradangan pada tulang belakang.

Gejala apa sajakah yang dapat ditimbulkan akibat cedera tulang belakang?

0 Komentar

Belum ada komentar