Sukses

Memutihkan Gigi dengan Buah Jeruk

Memutihkan gigi dengan buah jeruk merupakan suatu tindakan yang diyakini aman dan efektif untuk dilakukan. Sebenarnya, apa kata medis terkait memutihkan gigi dengan buah jeruk ini? Berikut ulasannya.

Gigi berlubang, gigi patah, gigi berkarang, dan gigi yang berubah warnanya merupakan beberapa masalah yang bisa terjadi pada gigi. Kondisi tersebut akan sangat menganggu penderitanya, apalagi jika keadaannya sudah cukup parah.

Gigi merupakan bagian dari wajah yang sengat menunjang paras dan penampilan seseorang. Biasanya, permasalahan yang terjadi pada gigi akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman ketika tersenyum, ataupun ketika berbicara. Contohnya pada kasus gigi yang mengalami perubahan warna, yang cenderung akan membuat penderita merasa terganggu penampilannya.

Perlu diketahui, perubahan warna pada gigi dapat bervariasi, baik penyebabnya maupun tingkat perubahan warna yang terjadi. Gigi yang tidak lagi putih alami bisa disebabkan oleh lingkungan, pola makan, dan kebiasaan. Selain itu, terapi obat-obatan seperti obat antibiotik tetrasiklin juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Jika sudah berubah warna menjadi kekuningan, kecokelatan atau bahkan berwarna abu-abu, maka biasanya orang akan berusaha mencari solusinya, baik dengan melakukan perawatan ke dokter gigi atau mencoba-coba cara sendiri di rumah.

Untuk memutihkan gigi, salah satu cara yang sangat populer di masyarakat adalah dengan menggunakan buah-buahan. Salah satu buah yang diyakini efektif dan aman untuk memutihkan gigi adalah buah jeruk. Namun, benarkah buah jeruk efektif dan aman untuk memutihkan gigi?

Seperti yang telah diketahui, jeruk adalah buah yang rasa dan sifatnya asam, di mana tingkat keasaman atau pH pada jeruk berkisar 2,8-4,0. Dengan tingkat keasaaman seperti itu, jeruk sangat berisiko terhadap kesehatan gigi karena bisa membuat permukaan gigi menjadi rusak dan hilang melalui suatu proses yang disebut dengan erosi, yang lama-kelamaan dapat mengikis dan membuat lapisan email pada gigi terus menipis. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya gejala gigi sensitif bila gigi terus-menerus terpapar dengan cairan yang bersifat asam, seperti pada jeruk.

Keampuhan dari cara memutihkan gigi dengan jeruk sampai saat ini masih sangat dipertanyakan efektivitasnya. Dalam hal ini, sumber yang menyarankan pengunaan jeruk untuk memutihkan gigi mungkin hanya memfokuskan pada kasus gigi yang berubah warna akibat perlekatan noda stain pada permukaan gigi, yang merupakan suatu akibat dari merokok dan akibat dari makanan ataupun minuman yang meninggalkan noda di gigi. Namun demikian, cara tersebut tidak disarankan untuk dilakukan mengingat bahayanya terhadap permukaan gigi.

Jika Anda mengalami perubahan warna pada gigi, maka tentu saja hal terbaik yang harus dilakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi guna memastikan penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan jenis perawatan yang tepat dan efisien untuk menangani masalah gigi yang Anda alami. 

0 Komentar

Belum ada komentar