Gigi Mulut

Fakta-Fakta Seputar Gigi Manusia

drg. Arni Maharani, 20 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak dari kita yang terkadang mengabaikan gigi, padahal gigi merupakan bagian yang sangat penting pada tubuh manusia.

Fakta-Fakta Seputar Gigi Manusia

Seperti bagian tubuh lainnya, gigi manusia mempunyai fungsi yang tidak sembarangan untuk menunjang kehidupan kita. Tidak hanya untuk mengunyah saja, gigi juga bisa membuat seseorang terlihat menarik dari segi penampilan. Banyak dari kita yang terkadang mengabaikan gigi, sehingga kesehatannya pun otomatis terabaikan.

Karena itu, kita perlu mengenal gigi dengan lebih dalam, agar lebih bisa ‘menghargai’ fungsinya untuk tubuh. Berikut beberapa fakta unik tentang gigi yang perlu kita ketahui:

  • Benih gigi terbentuk sejak berada di kandungan, dan mulai tumbuh pada saat usia 4-6 bulan dan lengkap di usia 3 tahun. Kemudian digantikan pada usia 6 tahun.
  • Gigi manusia dapat digunakan untuk mengenali jenazah korban pembunuhan, terorisme, bencana dan lainnya. Dari gigi dapat diketahui jenis kelamin, usia, ras, pekerjaan serta kebiasaan yang mungkin dilakukan semasa hidupnya. 
  • Gigi merupakan bagian terkeras dari tubuh manusia.
  • Gigi dapat terlindungi dari bahaya gigi berlubang karena bakteri oleh air liur.
  • Perubahan warna pada gigi dapat terjadi karena kebiasaan makan, usia, dan obat-obatan. Namun, perubahan warna dapat diatasi dengan bantuan dokter gigi.
  • Gigi anak yang mempunyai orangtua atau keluarga yang merokok akan berisiko mengalami gigi berlubang.
  • Gigi yang tidak berlubang dan sehat dapat goyang dan lepas karena penyakit sistemik seperti diabetes.

Jangan lupa, jagalah kesehatan gigi dengan menyikatnya minimal sebanyak dua kali sehari. Serta lakukan kontrol secara berkala ke dokter gigi. 

Gigi

Konsultasi Dokter Terkait