Jantung

Benarkah Musik Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung?

dr. Theresia Yunita, 10 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Musik ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Seperti apa efeknya? Ketahui di artikel berikut, yuk.

Benarkah Musik Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung?

Rasanya kurang lengkap, ya, sehari saja tidak mendengarkan musik favorit. Musik memang dapat membuat kita semangat, tenang, ataupun terhanyut dengan melodi dan liriknya. Efek ini tentunya baik untuk kesehatan mental. 

Tak hanya itu, ternyata musik juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan fisik salah satunya untuk jantung dan pembuluh darah. Mau tahu manfaat musik untuk jantung? Baca ulasan berikut!

Manfaat Musik untuk Jantung

Mendengarkan Musik dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat musik untuk kesehatan jantung yang cukup terasa adalah memperbaiki mood dan mengurangi stres. Tahukah kamu, stres akut menghasilkan efek dramatis pada jantung. 

Stres kronis yang berlangsung lambat karena rasa tidak aman yang berkepanjangan juga membuat penderitanya rentan terhadap penyakit dan kematian. 

Artikel lainnya: Mendengarkan Musik Bisa Turunkan Berat Badan

Sejak tahun 1980, peneliti mulai melirik hubungan antara musik dengan sistem pembuluh darah dan jantung (kardiovaskular).

Mendengarkan jenis musik yang tenang dapat memperlambat denyut jantung, mengurangi tekanan darah, dan memperbaiki aliran darah. 

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke, dan gagal jantung

Oleh karena itu, mengendalikan tekanan darah dapat mengurangi terjadinya hal-hal tersebut. Mendengarkan musik menenangkan dapat menjadi salah satu cara menurunkan tekanan darah. 

Studi dilakukan untuk melihat pengaruh terapi musik untuk membantu orang menghadapi penyakit jantung, baik untuk pasien dengan kondisi pemulihan serangan jantung, pasien gagal jantung, ataupun pasien penyakit jantung lainnya. 

Artikel lainnya: Efek Mendengarkan Musik Upbeat Saat Olahraga

Penyakit jantung bisa sangat membuat penderita tertekan. Nah, terapi musik dapat meredakan stres dan memberikan rasa nyaman untuk membantu menghadapi kondisi.

Di zaman Yunani kuno, musik digunakan untuk meredakan stres, membantu tidur, dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan, zaman Amerika kuno dan Afrika menggunakan nyanyian dan mantra sebagai bagian ritual penyembuhan. 

Pada pengobatan modern, musik digunakan sebagai bagian dari terapi, misalnya untuk penyakit Alzheimer dan penyakit nyeri kronis.

Fakta menarik lainnya, musik diteliti dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kecemasan, serta membantu menghalangi suara-suara yang tidak menyenangkan di rumah sakit. 

Tips Menyehatkan Jantung dengan Musik

Bisakah Musik Membantu Mengatasi Kanker?

Ada beberapa cara menikmati musik, salah satunya dengan bertemu terapis musik. Terapis musik membantu kamu menjadi pendengar yang lebih aktif, menggunakan musik untuk menangkal pikiran negatif, melepaskan stres, dan mengumpulkan energi.

Artikel lainnya: Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Apa Saja Manfaatnya?

Namun, kamu juga bisa, kok, mendapatkan manfaat musik untuk jantung dengan cara lebih mudah! Caranya, carilah musik yang menenangkan.

Apabila sedang merasa tertekan, duduk dan dengarkan musik yang menenangkan selama dua puluh menit atau lebih. Apabila butuh semangat, putarlah musik energik.

Musik dengan tempo yang lebih cepat dan ritme terstruktur yang lebih simple secara nyata dapat meningkatkan irama napas, tekanan darah, dan denyut jantung. Sedangkan, musik yang pelan menimbulkan efek sebaliknya.

Hasil penelitian di Universitas Osaka, Jepang, menyebutkan adanya penurunan tekanan darah hingga 6 mmHg pada semua subjek penelitian yang mendengarkan musik.

Mendengarkan musik yang menenangkan bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan, asalkan memiliki efek positif bagi kamu.

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Sehat Mendengarkan Musik

Musik memang diteliti dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Meskipun demikian, efek jangka panjang mengenai pengaruh baik musik dan tekanan darah masih perlu terus diteliti. 

Selain mendengarkan musik yang tenang, #JagaSehatmu dengan menerapkan pola hidup sehat. Kesehatan fisik dan mental penting untuk kesehatan jantung! 

Kalau kamu merasa ada keluhan pada jantung, yuk, jangan ragu tanya dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

MusikJantung

Konsultasi Dokter Terkait