Sukses

Cara Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan sering kali menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Sebenarnya, adakah cara efektif untuk menurunkan berat badan? Berikut jawaban dr. Dewi Ema Anindia.
Menurunkan berat badan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, salah satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga makanan yang Anda konsumsi dan melakukan lebih banyak olahraga.

Perlu Anda ketahui, apabila Anda membakar kira-kira 500 kalori lebih banyak daripada besarnya kalori yang Anda konsumsi setiap harinya, maka kira-kira Anda bisa mengurangi hampir 0,9 kg berat badan Anda setiap minggunya. Dengan kata lain, apabila Anda mengonsumsi 1200 kalori dalam sehari dan berolahraga selama 1 jam setiap harinya, maka ada kemungkinan berat badan Anda akan berkurang sebanyak 2 kg dalam minggu pertama.

Selain membatasi jumlah kalori yang masuk, Anda juga harus mengurangi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh Anda untuk mengurangi retensi dari cairan. Pasalnya, retensi dari cairan ini bisa mengurangi hingga 2 kg berat badan Anda, lho.

Beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, antara lain:

1. Diet untuk Mengurangi Berat Badan

Diet yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan makanan yang mengandung gula, pati, dan daging hewan . Untuk menurunkan berat badan secara cepat, Anda bisa mengganti menu harian Anda dengan buah-buahan, sayuran, bagian putih telur, ikan, produk susu yang rendah lemak, serta daging tanpa lemak – seperti ayam tanpa kulit dan daging kambing.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan hasil yang didapatkan, antara lain:

  • Tingkatkan konsumsi sayuran dalam diet Anda
  • Konsumsi air putih yang cukup
  • Pastikan Anda selalu sibuk
  • Makan secara teratur

2. Olahraga untuk Mengurangi Berat Badan

Apabila Anda berencana mengurangi berat badan, maka sebaiknya Anda berolahraga selama 1 jam setiap harinya dengan jenis olahraga yang ringan dan sedang. Anda bisa mencoba jenis olahraga kardio dan juga olahraga untuk kekuatan otot. Olahraga jenis kardio merupakan jenis olahraga yang paling cepat membakar kalori. Jenis olahraga kardio adalah lari cepat, jalan cepat, aerobik, berenang, bermain tenis atau bermain sepak bola. Setelah Anda melakukan jenis olahraga kardio, maka ada baiknya apabila Anda juga melakukan jenis olahraga yang berfungsi untuk menguatkan otot, seperti olahraga angkat beban, ataupun planking.

Sebenarnya, cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan fokus dan niat dengan apa yang Anda lakukan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memiliki tekad yang kuat demi tercapainya berat badan ideal yang Anda inginkan. Dan perlu Anda ingat, menurunkan berat badan bukan hanya untuk perihal penampilan saja, tatapi untuk kesehatan tubuh Anda juga.

0 Komentar

Belum ada komentar