Seks

Meraih Multiorgasme, Mungkinkah?

dr. Sara Elise Wijono MRes, 09 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa, sih, yang tidak ingin hubungan intimnya mengalami orgasme berulang atau disebut multiorgasme? Yuk, intip bagaimana caranya meraih multiorgasme di sini.

Meraih Multiorgasme, Mungkinkah?

Tidak seperti wanita, pria umumnya hanya bisa meraih satu kali orgasme. Setelah itu, mereka harus “beristirahat” sejenak untuk dapat kembali menerima rangsangan. Menurut penelitian, tercatat hanya kurang dari 10 persen pria yang dapat meraih multiorgasme – dan jumlah ini semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Namun ironisnya, ada banyak wanita yang mengaku sukar atau tidak pernah mengalami orgasme dalam berhubungan intim. Studi mencatat bahwa jumlah wanita yang pernah mengalami orgasme hanya sebesar 30 persen.

Apa Itu Multiorgasme?

Multiorgasme adalah beberapa orgasme yang muncul secara berurutan dalam satu kali hubungan seksual.

Hal ini mungkin terjadi karena wanita tidak memerlukan ‘masa jeda’, dan dapat langsung menerima rangsangan seksual – bahkan kembali mengalami orgasme – walaupun ia telah mengalami orgasme sebelumnya.

Selain itu, wanita dapat mengalami multiorgasme karena ia dapat memperoleh rangsangan dari tiga organ yang berbeda, yaitu klitoris, vagina, dan G-spot. Sementara itu, zona rangsangan terbesar pria umumnya hanya berada pada penis.

Walaupun berpotensi meraih multiorgasme, faktanya banyak wanita yang merasa kesulitan orgasme saat berhubungan seksual. Beberapa hal dapat memengaruhi keadaan ini. Misalnya saja:

  • Kesibukan berlebih yang menyebabkan kelelahan dan berkurangnya hasrat seksual
  • Kelainan pada organ tubuh (cedera, trauma, atau kecelakaan yang melibatkan area panggul, atau pembedahan pada area panggul)
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat antidepresi, obat darah tinggi, dan kontrasepsi hormonal
  • Faktor psikologis, seperti rasa sedih, cemas, marah, depresi
  • Trauma dengan hubungan seksual, baik itu pelecehan seksual maupun hubungan seksual yang nyeri

Artikel lainnya: Bisakah Merasakan Orgasme Puting dari Hubungan Seks? Ini Jawabannya!

Bagaimana Cara Meraih Multiorgasme?

Tentunya, semua wanita ingin merasa puas setelah berhubungan intim, termasuk merasakan multiorgasme. Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membantu meraih kepuasan, seperti:

1. Mengidentifikasi Sumber Gagalnya Multiorgasme

Pertama, wanita harus menyelesaikan segala permasalahan yang ada dalam dirinya – seperti yang telah diuraikan di atas. Identifikasi terlebih dulu, apa hal yang menghambat Anda dalam meraih kepuasan seksual. 

Setelah itu, barulah Anda dapat mencari jalan keluarnya sehingga dapat merasakan multiorgasme.

2. Jangan Abaikan Foreplay

Pada umumnya, wanita lebih lambat terangsang dan mencapai puncak dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karena itu, wanita harus “panas” terlebih dahulu, dengan melakukan foreplay lebih lama. 

Saat akan berhubungan, berikan waktu yang cukup untuk ‘persiapan’ dengan melakukan foreplay. Sehingga, saat melakukan hubungan intim Anda dapat mencapai multiorgasme.

3. Memberi Stimulasi dan Rangsangan pada Berbagai Titik Sensitif

Sebagian besar wanita akan lebih mudah mengalami orgasme jika mendapatkan stimulasi pada klitorisnya. Lakukanlah foreplay dengan merangsang klitoris lebih lama. 

Untuk mendapat multiorgasme, mintalah kepada pasangan untuk merangsang klitoris selama berhubungan. Hal ini bisa dilakukan dengan jari ataupun dengan melakukan posisi tertentu, seperti wanita di atas (woman on top). 

Pasangan juga dapat menstimulasi zona erotis lain, yaitu G-spot, untuk mendapat multiorgasme. Area ini agak sukar dijangkau oleh penis, dan lebih mudah diraih oleh jari.

Selain itu, ada pula area yang lebih dalam, yaitu di bagian belakang vagina, di sisi depan mulut rahim yang juga sensitif dan dapat distimulasi dengan penis.

Penting juga bagi wanita untuk mempelajari tubuhnya sendiri dan mengetahui area mana yang sensitif. Dengan demikian, wanita dapat menuntun pasangannya untuk melakukan stimulasi di area tersebut. Jangan malu untuk ‘membantu’ pasangan Anda dalam memberikan rangsangan yang Anda sukai.

Artikel lainnya: Orgasme Bisa Terjadi Tanpa Dirangsang, Ini Penyebabnya

4. Atur Kondisi Mental dan Psikologis Anda

Apabila Anda merasa terlalu lelah, jangan dipaksakan. Akan lebih baik apabila Anda beristirahat dan mengumpulkan tenaga terlebih dahulu sebelum memulai hubungan intim. Stres dapat dihilangkan dengan melakukan relaksasi dan berolahraga. Kelelahan dan rasa tidak mood membuat Anda sulit mendapat multiorgasme.

Di sisi lain, saat Anda siap untuk berhubungan, libatkan juga psikologis Anda. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan melakukan sesi bercinta yang nikmat dan meraih multiorgasme. Saat pikiran Anda rileks dan optimis, Anda pun dapat lebih menikmati sesi eksplorasi dan stimulasi dalam bercinta.

Sesekali, Anda dapat pula berbulan madu untuk kesekian kalinya bersama suami. Situasi liburan yang rileks juga membantu meraih kehidupan seksual yang lebih memuaskan.

5. Lakukan Senam Kegel

Senam Kegel sudah sangat terkenal manfaatnya untuk memperkuat otot dasar panggul. 

Dari sisi kepuasan, otot dasar panggul yang kuat akan membantu meningkatkan sensasi Anda, serta mengurangi ‘masa jeda’ yang dibutuhkan hingga meraih orgasme berikutnya. 

Pada dasarnya, wanita berpotensi mendapatkan multiorgasme saat bercinta. Jadi, manfaatkan potensi Anda dengan menerapkan beberapa tips di atas. Harapannya, hubungan Anda dan suami akan semakin hangat dan mesra. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai topik ini? Tanyakan langsung kepada dokter dan psikolog kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

Hubungan Intim

Konsultasi Dokter Terkait