Kesehatan Umum

Tak Disangka, Ini Manfaat Kesehatan Bernyanyi di Kamar Mandi

dr. Sara Elise Wijono MRes, 23 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Suka iseng bernyanyi di kamar mandi? ternyata ini efek sehatnya untuk Anda.

Tak Disangka, Ini Manfaat Kesehatan Bernyanyi di Kamar Mandi

Bernyanyi merupakan salah satu hobi yang umum ditemui. Tidak heran jika usaha karaoke terbilang cukup sukses. Selain bernyanyi di tempat karaoke, kebanyakan orang iseng melakukannya di kamar mandi. Anda salah satunya?

Bernyanyi di kamar mandi mungkin sering dilakukan oleh sebagian orang. Aktivitas ini dilakukan karena kesenangan semata, atau justru dilakukan karena orang tersebut pemalu sehingga baru berani bernyanyi di kamar mandi saat sedang sendirian.

Bernyanyi, walaupun hanya di kamar mandi, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, lho. Berikut ini beberapa manfaat bernyanyi di kamar mandi yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Membuat Perasaan Senang

Beberapa penelitian menyatakan, seseorang yang jarang bernyanyi cenderung mengalami stres dalam hidupnya. Karena, bernyanyi bisa menaikkan endorfin, suatu hormon yang dapat memicu perasaan senang.

Salah satu manfaat bernyanyi memang berkaitan dengan mood yang terasa lebih positif. Mengapa demikian?

Saat bernyanyi, Anda akan merasa bebas dalam mengekspresikan diri. Dengan begitu, emosi yang dirasakan—termasuk mungkin yang negatif—dapat Anda luapkan. Setelahnya, Anda cenderung merasa lebih senang.

Artikel Lainnya: Bernyanyi Bersama Bikin Tubuh Lebih Sehat

2. Mengurangi Rasa Cemas dan Depresi

Dengan bernyanyi tubuh akan menghasilkan oksitosin, hormon yang dapat mengurangi rasa cemas serta depresi. Oksitosin juga membangun perasaan percaya diri dan mempererat ikatan.

Karena itu, manfaat bernyanyi dipercaya mampu membuat seseorang tidak merasa kesepian lagi.

Manfaat bernyanyi yang satu ini akan lebih berdampak besar jika dilakukan berkelompok, misalnya dalam paduan suara. Nah, Anda bisa latihan bernyanyi di kamar mandi untuk pelan-pelan membentuk kepercayaan diri.

Bila rasa percaya diri sudah terbentuk, Anda dapat turut bergabung dengan kelompok paduan suara. Bersosialisasi dengan bernyanyi bersama akan membantu mengusir kesepian.

Artikel Lainnya: Bernyanyi Bantu Atasi Badan Lemas

3. Mengurangi Kadar Hormon Kortisol

Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang bernyanyi memiliki kadar kortisol yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak bernyanyi. Lantas, apa manfaat memiliki kadar kortisol yang rendah?

Kadar kortisol rendah berhubungan dengan tingkat stres yang lebih rendah. Oleh karena itu, bernyanyi dianggap sebagai suatu media untuk melakukan meditasi yang sangat baik.

Di samping itu, bernyanyi di kamar mandi juga dapat membuat tidur lebih nyenyak karena efek rileks yang dihasilkan. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Oleh sebab itu, bernyanyi di kamar mandi sangat cocok Anda lakukan saat mandi di sore atau malam hari sebelum tidur.

4. Melatih Otot

Selain beberapa manfaat bernyanyi di atas, bernyanyi—termasuk di kamar mandi—ternyata juga dapat melatih otot-otot pernapasan, dan otot-otot wajah.

Artikel Lainnya: Rutin Latihan Menyanyi Bisa Kurangi Kebiasaan Mendengkur?

Manfaat tersebut diperoleh dari aktivitas bernyanyi itu sendiri. Pasalnya, bernyanyi memang memerlukan pengaturan pernapasan yang baik karena mengambil napas perlu dilakukan pada momen yang sesuai dengan lagu.

Sebuah studi menemukan bahwa terdapat manfaat latihan bernyanyi pada kelompok yang memiliki gangguan pernapasan, yaitu penyakit PPOK. Setelah rutin melakukan latihan bernyanyi, banyak responden merasa lebih mudah mengatasi gangguan pernapasan yang muncul karena penyakitnya.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tidak hanya sampai di situ, bernyanyi ternyata juga dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Manfaat bernyanyi ini mungkin ada kaitannya dengan kadar stres yang berkurang sehingga efek negatif stres juga berkurang, baik secara fisik maupun mental.

Beberapa peneliti telah menggunakan metode ini pada pasien-pasien penderita kanker. Metode tersebut memanfaatkan bernyanyi sebagai obat antinyeri. Jadi, secara tidak langsung bernyanyi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Berbagai manfaat bernyanyi di kamar mandi yang bisa Anda dapatkan tidak bergantung pada kualitas suara Anda. Namun, proses bernyanyinya sendirilah yang akan memberikan berbagai manfaat tak terduga tersebut.

Walau demikian, ingat juga untuk tidak ‘keseruan’ bernyanyi di kamar mandi sehingga Anda berlama-lama di kamar mandi. Ingat, mandi yang terlalu lama juga bisa menimbulkan kulit kering. Jadi, manfaatkan waktu mandi dengan efektif, ya!

Dapatkan informasi kesehatan menarik lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam.

[WA]

Bernyanyi

Konsultasi Dokter Terkait