Sukses

Manfaat Kesehatan Bernyanyi di Kamar Mandi

Bernyanyi, selain menyenangkan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan! Apa aja manfaat kesehatan bernyanyi? Berikut info medis dari dr. Theresia Rina Yunita.

Bernyanyi, mungkin Anda pernah melakukan hal ini walaupun hanya melakukannya di kamar mandi. Bernyanyi, walaupun hanya di kamar mandi, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, lho.

Beberapa studi mengatakan bahwa seseorang yang bernyanyi lebih jarang mengalami stres dalam hidupnya. Pasalnya, bernyanyi dapat meningkatkan endorphin, suatu hormon yang dikeluarkan otak, yang berkaitan dengan perasaan senang.

Selain itu, dengan  bernyanyi tubuh juga akan memproduksi oksitosin, hormon yang diketahui dapat menghilangkan kecemasan dan depresi. Oksitosin juga membangun perasaan percaya diri dan membangun ikatan satu sama lain. Dengan kata lain, bernyanyi dipercaya mampu membuat seseorang tidak merasa kesepian lagi.

Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang bernyanyi memiliki kadar kortisol yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak bernyanyi. Kadar kortisol rendah berhubungan dengan tingkat stres yang lebih rendah. Oleh karena itu, bernyanyi dianggap sebagai suatu media untuk melakukan meditasi yang sangat baik.

Selain beberapa manfaat di atas, bernyanyi ternyata juga dapat melatih otot-otot pernapasan, dan otot-otot wajah. Di samping itu, bernyanyi juga dapat membuat tidur lebih nyenyak karena efek relaks yang dihasilkan, dan hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Tidak hanya sampai di situ, bernyanyi ternyata juga dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Beberapa peneliti telah menggunakan metode ini pada pasien-pasien penderita kanker, di mana bernyanyi berfungsi sebagai obat antinyeri. Jadi, secara tidak langsung bernyanyi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Anda tidak perlu khawatir apakah Anda memiliki suara yang bagus atau tidak. Bernyanyi di kamar mandi dapat meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri Anda karena Anda hanya bernyanyi untuk diri Anda sendiri. 

Jika Anda ingin bernyanyi, walaupun hanya bernyanyi di kamar mandi, pilihlah lagu yang Anda ketahui dan sukai agar Anda dapat segera merasakan perbedaan dari tubuh dan perasaan Anda.

Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar