Sukses

Lawan Plak Gigi yang Berbahaya dengan White Tea

Plak gigi yang dibiarkan dapat menyebabkan gigi berlubang. Salah satu cara untuk membantu mengatasinya adalah dengan konsumsi white tea.

Teh merupakan minuman populer yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Terdapat beberapa jenis teh yang telah diproduksi dan masing-masing terbukti memiliki efek baik pada gigi dan gusi. Salah satunya adalah white tea atau teh putih.

Menurut sejumlah penelitian, teh putih memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mulut, terutama dalam menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab terbentuknya plak gigi. Bakteri-bakteri tersebut, di antaranya Streptococcus mutans, Streptococcus Sobrinus dan Lactobacillus.

Ketahuilah bahwa plak gigi yang dibiarkan terus-menerus dapat mengakibatkan terjadinya gigi berlubang. Itulah mengapa adanya plak gigi tidak bisa disepelekan. Yuk, simak selengkapnya mengenai manfaat white tea dalam melawan plak gigi di artikel berikut. 

1 dari 3 halaman

Apa Itu White Tea?

White tea atau teh putih berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang bisa ditemukan di Tiongkok. Ini merupakan salah satu varietas teh paling lembut, karena bentuk teh ini yang paling sedikit diproses dengan jumlah kafein yang juga sedikit. 

Artikel lainnya: Tips Mencegah Munculnya Plak Gigi

Nah, karena paling sedikit diproses, teh putih mempunyai kandungan flavonoid terbanyak dibandingkan jenis teh lainnya. Flavonoid adalah komponen yang dapat ditemukan secara alami dalam banyak sayur dan buah, di samping teh. Flavonoid tinggi akan antioksidan dan dapat membantu tubuh melawan racun. 

Semakin banyak kandungan flavonoid di dalam teh putih, maka semakin besar kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dari bakteri-bakteri penyebab plak gigi. 

Selain itu, berbeda dengan jenis teh lain, teh putih dipetik ketika daun dan kuncup belum mekar sempurna, dan saat ditutupi rambut halus sehingga teh ini dinamakan teh putih. 

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya oksidasi. Sebab oksidasi akan merusak kandungan penting dalam daun teh yang dapat menyebabkan berkurangnya keefektifan tersebut. Semakin teroksidasi daun teh, maka akan semakin tua warnanya dan semakin kuat aroma tehnya.

2 dari 3 halaman

Manfaat White Tea dalam Mengatasi Plak Gigi

Plak gigi adalah lapisan lunak dan lengket yang terdiri dari kumpulan mikroorganisme yang berkembang biak dan melekat pada permukaan gigi. Saat ini sudah banyak dikembangkan cara mengatasi plak gigi dengan bahan dasar tanaman tradisional. Misalnya dengan teh putih.

Teh putih terdiri atas fluoride, tanin, dan katekin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi molekul ini dapat membantu dalam melawan bakteri penyebab plak pada gigi.  

Artikel lainnya: Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

Selain itu, polifenol dalam teh merupakan komponen utama yang dapat menghambat glukan dari sukrosa yang mempunyai daya lekat, serta penting dalam mencegah pertumbuhan dari plak karena adanya penurunan produksi asam oleh bakteri.

Terdapat sekitar 34 persen kandungan fluoride pada white tea yang artinya efektif dalam mengurangi karies di gigi. Kandungan tanin yang juga ada di dalamnya menghambat produksi enzim liur amilase, sehingga mengurangi potensi karies akibat penumpukan sisa makanan. 

Tanin juga menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus, yang merupakan faktor utama terbentuknya plak. Tak hanya itu, katekin adalah antioksidan nabati yang berlimpah dalam teh putih. Ini telah terbukti berfungsi dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak. 

Walaupun manfaat teh putih mampu mengatasi plak gigi, pembersihan gigi tetap harus dilakukan. Contohnya, dengan menyikat gigi setiap hari dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan demikian, Anda dapat menghindarkan diri dari penyakit gigi serta mulut. 

Ingin tanya lebih lanjut mengenai masalah plak gigi atau penyakit gigi dan mulut lainnya? Silakan berkonsultasi langsung dengan dokter gigi melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar