Sukses

Inilah Penyebab Makanan Terselip di Gigi

Makanan yang terselip di gigi kerap kali menimbulkan keluhan yang menganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya, apa penyebab makanan terselip di gigi? Berikut ulasannya.

Makanan terselip di gigi kerap kali terjadi, walaupun sudah rajin sikat gigi. Selain tidak nyaman, makanan terselip di gigi juga terkadang menimbulkan rasa sakit, dan menimbulkan bau mulut.

Makanan biasanya terselip di antara gigi, di antara gusi dan gigi, ataupun pada gigi yang berlubang. Seseorang biasanya akan menghindari untuk mengunyah di sekitar area tempat makanan dapat terselip.

Namun, hal tersebut bukanlah jalan keluar dari masalah makanan terselip di gigi, apalagi sampai menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan makanan yang terselip di gigi.

Untuk membersihkan makanan yang terselip di gigi, Anda dapat menggunakan dental floss atau benang gigi secara tepat. Hindari untuk menggunakan tusuk gigi karena tusuk gigi berpotensi merusak jaringan gigi, terlebih jika Anda memakai tusuk gigi tersebut secara tidak tepat.

Perlu diketahui, makanan yang terselip di gigi menandakan adanya suatu masalah pada gigi atau gusi yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang menjadi lebih serius pada gigi atau gusi yang mengalami masalah.

Sebenarnya, apa penyebab makanan terselip di gigi?

Beberapa penyebab makanan terselip di gigi, antara lain:

  • Celah atau ruangan antara gigi

Terjadinya celah di antara gigi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnyai tambalan yang tidak baik, pemasangan mahkota gigi tiruan yang tidak tepat, pergeseran gigi yang disebabkan karena adan gigi yang dicabut.

  • Lubang pada gigi

Kondisi ini sangat rentan menyebabkan sisa makanan masuk ke lubang gigi, dan tidak jarang tekanan pada sisa makanan yang masuk ke lubang gigi tersebut menyebabkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

  • Penyakit jarigan pendukung gigi

Kerusakan pada gusi, yang merupakan jaringan pendukung gigi, seperti gusi turun, akan menyebabkan timbulnya ruangan yang membuat sisa makanan dapat terselip. Selain itu, penyakit jaringan pendukung gigi yang sudah parah, seperti gigi goyang, juga memiliki kemungkinan untuk menyebabkan makanan terselip.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa makanan yang terselip di gigi merupakan pertanda adanya masalah di dalam rongga mulut, dan orang yang mengalami hal ini harus segera dirawat agar tidak menimbulkan keluhan lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar