Sukses

Mengapa Batita Suka Menggigit?

Kebiasaan menggigit pada anak-anak, khususnya batita, termasuk wajar. Namun, tetap saja orang tua khawatir jika hal tersebut merusak gigi si Kecil. Berikut cara mengatasinya.

Menggigit merupakan respons normal yang menjadi bagian dari perkembangan anak-anak, terutama batita. Menurut statistik, lebih banyak anak laki-laki yang menggigit daripada anak perempuan. 

Kebiasaan anak suka menggigit terutama dalam rentang usia 12 hingga 36 bulan, di mana mereka belum dapat berkomunikasi dengan baik dengan bahasa. Oleh karena itu, terkadang anak memilih metode gigitan sebagai suatu bentuk komunikasi.

1 dari 3 halaman

Penyebab Anak Suka Menggigit

Ada beberapa penyebab anak suka menggigit yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Sedang Tumbuh Gigi

Salah satu alasan mengapa anak menggigit adalah untuk menghilangkan rasa sakit yang dialami ketika tumbuh gigi. Anak usia batita sedang berada dalam fase oral. Dengan kata lain, mereka sangat senang mengeksplorasi dunia dengan menggunakan mulut, salah satunya dengan menggigit benda yang menarik perhatiannya.

  • Penasaran atau Ingin Tahu

Anak-anak adalah pribadi yang sangat ingin tahu akan segala sesuatu. Mereka ingin sekali mengetahui bagaimana reaksi yang akan timbul ketika menggigit seseorang baik orang tua maupun temannya.

Artikel Lainnya: Bunda, Ketahui Bahaya Saat Balita Gigit Mainan Plastik!

  • Mencari Perhatian

Menggigit adalah salah satu cara anak mencari perhatian orang-orang di sekitarnya. Ketika ia merasa diabaikan, salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan kembali perhatian orang adalah dengan menggigit.

  • Menunjukkan Ekspresi Kesal atau Marah

Sering kali menggigit orang lain menjadi bentuk luapan emosi si Kecil. Biasanya ini menunjukkan rasa kesal, marah, merasa diabaikan, atau keinginannya tak terpenuhi. 

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Anak yang Suka Menggigit

Jika Anda tahu si Kecil sedang menggigit orang lain, jangan panik dan tetaplah tenang. Berikut ini adalah cara mengatasi anak suka menggigit: 

  1. Bawakan Teether atau Mainan

Jika anak Anda sedang tumbuh gigi, berikan ia mainan gigit atau handuk dingin untuk mencegahnya menggigit lengan Anda atau seseorang. Fungsinya untuk membantu meredakan rasa gatal atau tak nyaman akibat tumbuh gigi. 

  1. Jaga Mood Agar Tetap Baik

Salah satu penyebab anak sering menggigit adalah mencari perhatian. Dan biasanya ini terjadi ketika mood atau perasaannya sedang tak baik. Oleh sebab itu, pastikan agar kebutuhan anak telah terpenuhi – kenyang dan cukup tidur – untuk menjaga agar mood-nya tetap baik. 

Artikel Lainnya: Jangan Gigit 5 Benda Ini Kalau Tak Ingin Gigi Rusak

Jika Anda melakukan perjalanan jauh, pastikan juga untuk menyiapkan makanan dan minuman yang cukup, dan jangan lupakan mainan kesayangannya.

  1. Berikan Perhatian pada si Kecil

Walaupun Anda bekerja, berikanlah perhatian yang cukup kepada anak. Perhatian lebih juga penting ketika anak sedang menjalani masa-masa tertentu dalam hidupnya, seperti pertama kali masuk sekolah, mendapat adik baru, dan sebagainya. Ketika merasa diperhatikan, umumnya ia akan meninggalkan kebiasaannya menggigit.

  1. Ajak Berkomunikasi

Ketika anak sudah dapat mengerti dan berkomunikasi, jelaskanlah bahwa kebiasaan menggigit itu tidak baik. Ajarkanlah untuk mengutarakan perasaan dan maksudnya dengan kata-kata daripada dengan gigitan. Jangan lupa juga untuk mengajari si Kecil meminta maaf kepada orang lain yang digigitnya. 

  1. Jangan Marah Apalagi Memukul si Kecil

Walaupun tindakan menggigit itu salah, Anda dianjurkan untuk tidak memarahi anak, berteriak, apalagi memukulnya. Cara tersebut malah bisa membuat anak semakin frustrasi. Jadi Anda diharapkan untuk tetap tenang. 

Jika cara yang Anda lakukan tidak berhasil dan menggigit masih menjadi kebiasaan favorit anak (terutama jika berlangsung hingga usia lima tahun), disarankan agar Anda membawanya berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater anak. 

Sebab, bila tidak ditangani dengan segera, anak yang sudah mulai memasuki usia sekolah tersebut akan kesulitan dalam pergaulan dan kegiatan sehari-harinya di sekolah.

[FY]

1 Komentar

  • Sore dok, saya mau nanya. Kok jari tengah saya mau ditekuk & mau di luruskan kembali agak sulit sedangkan jari yg lainnya nggak jd masalah hanya jari yg di tengah tangan sebelah kiri. Apa rematik atau encok ya dok?