Sukses

Makanan Ini Bisa Memicu Bau Badan

Menurut penelitian, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kita bau badan. Makanan apa sajakah itu?

Terdapat beberapa kondisi yang bisa memicu munculnya bau badan, yaitu saat suhu tubuh meningkat karena stres, cemas, gugup, atau saat suhu udara menjadi semakin panas. Hal-hal tersebut bisa memicu meningkatnya kerja kelenjar keringat.

Pada umumnya keringat tidak ada baunya, namun saat keringat tersebut menyentuh kulit kita dan bertemu dengan bakteri normal yang ada di kulit kita, nah itulah yang menyebabkan timbulnya bau badan.

Menurut penelitian, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu munculnya bau badan. Makanan apa sajakah itu?

  • Makanan bersulfur

Makanan yang mengandung sulfur seperti brokoli, kubis, dan kol dapat memengaruhi bau badan seseorang. Juga makanan yang termasuk ke dalam genus Allium seperti bawang.

  • Daging

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Chemical Senses pada tahun 2006, terbukti bahwa dengan mengonsumsi daging maka dapat timbul bau badan yang khas. Namun, tidak jelas mengenai berapa banyak daging yang dikonsumsi untuk menimbulkan bau badan, atau berapa lama bertahannya bau badan tersebut.

  • Alkohol

Saat mengonsumsi alkohol, alkohol tersebut akan dimetabolisme oleh hati menjadi asam asetat. Sisa dari alkohol yang tidak dimetabolisme akan dikeluarkan melalui keringat dan saluran napas. Oleh karena itu, saat  mengonsumsi alkohol terlalu banyak, tidak hanya membuat bau napas namun juga bau badan.

  • Ikan

Pada beberapa kasus, ada hubungan antara gen, diet, dan bau badan. Hal ini terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit genestis yang dinamakan Trimethylaminuria. Seseorang yang menderita penyakit ini akan menimbulkan bau badan yang menyengat setelah mengonsumsi makanan seperti ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya.  

0 Komentar

Belum ada komentar