Sukses

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gigi Tonggos

Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan gigi jadi tonggos. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di sini.

Tidak sedikit orang yang mempunyai masalah dengan susunan giginya, salah satunya kondisi gigi tonggos.

Tonggos dalam bahasa medis disebut dengan maloklusi. Bisa muncul pada seseorang karena faktor kebiasaan sewaktu kecil maupun faktor keturunan.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut di antaranya mengisap ibu jari atau telunjuk, mendorong-dorong lidah ke gigi depan atas, mengigit bibir (biasanya bibir bawah), dan bernapas melalui mulut.

Bentuk kelainan yang terjadi akibat kebiasaan di atas akan bervariasi bergantung dari penyebabnya, frekuensi dan intensitasnya. Mulai dari gigi menjadi tonggos sampai bertumpuk dan berantakan. Kalau sudah mengalami kelainan posisi gigi, tentu akan menyebabkan penderitanya terganggu. Gangguan bukan hanya secara psikologis karena malu, tapi juga bisa timbul gangguan pada kesehatan gigi dan mulut.

Bila hal ini Anda alami  atau terjadi pada anak Anda, maka tidak perlu khawatir karena tentu saja ada perawatan yang dapat memulihkan posisi gigi sehingga gigi bisa tersusun rapi. Masalah gigi tonggos dan kelainan posisi gigi lainnya akan diatasi dengan perawatan ortodontik atau lebih dikenal dengan perawatan kawat gigi.

Semakin dini perawatan gigi tonggos dilakukan oleh dokter gigi, maka akan semakin baik. Karena perawatan akan semakin cepat durasinya, lebih sederhana pengerjaannya, serta akan menghabiskan dana yang lebih sedikit.

1 Komentar