Sukses

Empat Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Mendongengkan anak sebelum tidur sangatlah bermanfaat bagi tumbuh kembangnya pada kemudian hari. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Mendongeng sebelum anak tidur sepertinya menjadi aktivitas yang jarang dilakukan saat ini, di mana ponsel telah menjadi pusat perhatian anak dan orangtua. Padahal, tahukah Anda bahwa begitu banyak manfaat yang didapatkan dengan mendongengkan anak sebelum tidur?

  1. Membangun ikatan yang kuat

Waktu sebelum tidur adalah cara yang sempurna untuk membangun hubungan dengan anak-anak Anda. Sisihkan waktu selama 15 hingga 30 menit untuk bercerita kepada mereka.

  1. Membangun kemampuan berbahasa

Mendongeng membantu anak untuk mempelajari bahasa dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan. Bahkan, cerita bergambar dapat membuat anak lebih tertarik untuk mempelajari benda, hewan, atau bentuk lainnya. Selain itu, anak-anak lebih mudah untuk mempelajari bahasa dari apa yang mereka dengar dibandingkan dari apa yang mereka baca.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional

Cerita selalu menjadi cara yang bagus untuk mengajarkan anak tentang banyak hal dalam kehidupan. Bercerita dapat membantu anak memperoleh pemahaman tentang situasi yang berbeda, sehingga mereka pun belajar untuk bereksplorasi dengan emosi mereka.

  1. Membuat memori menjadi lebih tajam

Semua cerita memiliki narasi: di mana ada awal, bagian tengah, dan bagian akhir yang jelas. Pengulangan dari suatu dongeng yang Anda ceritakan pada anak membuatnya terlatih untuk mengingat.  

Jangan biarkan anak lebih menyukai (bahkan tergantung) pada ponsel, gadget, atau alat komunikasi lain. Gunakan cara lain yang lebih bermanfaat, yang bisa merekatkan hubungan dengan anak tanpa menyentuh barang-barang tersebut. Dikarenakan begitu banyak manfaat yang didapat, budaya dongeng sebelum tidur tampaknya harus dipopulerkan kembali. 

0 Komentar

Belum ada komentar