Sehat dan Bugar

Olahraga untuk Hilangkan Galau

dr. Nadia Octavia, 13 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Olahraga, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa galau.

Olahraga untuk Hilangkan Galau

Galau memang rasanya tidak enak. Semuanya jadi serba salah. Mau melakukan aktivitas apapun rasanya malas.

Namun jika Anda sedang galau, cemas atau bahkan depresi cobalah untuk berolahraga. Pasalnya, Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks dan tenang.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa Anda coba:

1. Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling baik untuk kesehatan Anda. Pasalnya, berlari, selain dapat membakar kalori, juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun ternyata, manfaat kesehatan lari tak hanya itu. Gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat menyebabkan pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin, yang dapat membuat kita merasa nyaman dan senang. 

Penelitian yang diterbitkan di the Journal of Psychiatry & Neuroscience, menyebutkan bahwa olahraga memiliki efek yang sama seperti antidepresan sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya depresi.

Selain itu, dengan berlari Anda juga dapat tidur lebih nyenyak di malam hari, meningkatkan ingatan, menurunkan stres, dan tentu akan membuat Anda terhindar dari galau ataupun depresi.

2. Mendaki gunung

Berada di alam terbuka dapat memberikan ketenangan bagi pikiran Anda. Jika sulit bagi Anda untuk mendaki gunung, Anda bisa berjalan santai atau sekedar bersepeda di taman atau di area yang banyak terdapat pepohonan.

Pada studi yang dipublikasikan di Environmental Health and Preventive Medicine tahun 2009, para peneliti mengirim partisipan studi ke hutan yang banyak pepohonan. Para partisipan yang berjalan-jalan selama 20 menit di alam terbuka tersebut memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan yang berada di tengah kota.

3. Yoga

Gerakan-gerakan yoga tak hanya dapat membuat tubuh Anda menajdi lebih lentur, namun pernapasan Anda juga menjadi lebih terlatih sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang.

Pada studi yang dilakukan tahun 2007, yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, seluruh partisipan yang mengikuti kelas yoga berkurang gejala depresi, kecemasan serta tingkat emosinya.

Selain itu, latihan pernapasan saat melakukan yoga juga penting bagi Anda yang sering cemas. Pasalnya, ketika Anda bernapas lebih dalam, maka rasa cemas tersebut akan sulit untuk dirasakan. Lakukan latihan pernapasan ini secara rutin meski Anda sedang tidak melakukan kelas yoga. 

GalauOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait