Sukses

Efek Samping Minum Air Lemon bagi Gigi

Apakah Anda termasuk pencinta air lemon? Dan apakah Anda selalu mengonsumsinya setiap hari? Jika ya, yuk baca fakta mengenai air lemon di sini.

Tren minuman kesehatan semakin merajalela, termasuk air lemon. Minuman tersebut dapat dibuat sendiri di rumah dan sangat mudah karena hanya mencampurkan irisan lemon dan air putih.

Namun, di tengah klaim dari banyaknya manfaat air lemon ini, terdapat suatu risiko yang cukup besar bagi kesehatan gigi—apalagi bagi seseorang yang mengonsumsinya secara rutin.

Lemon adalah salah satu buah yang mempunyai tingkat keasaman cukup tinggi, di mana kadar asam yang tinggi ini dapat melunakkan email gigi. Jika air lemon dikonsumsi setiap hari, maka bisa menyebabkan terjadinya proses erosi pada gigi yang berupa: hilangnya lapisan email, gigi menjadi kuning, serta timbulnya gejala gigi sensitif di mana gigi akan ngilu bila terkena makanan atau minuman yang panas dan dingin.

Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi minuman ini tanpa membahayakan gigi, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi gigi seperti:

  • Gunakanlah sedotan, karena dapat meminimalkan atau mengurangi kontak antara air lemon dengan gigi.
  • Bilaslah rongga mulut setelah minum minuman tersebut, bisa dengan berkumur atau minum air putih.
  • Hindari menyikat gigi langsung setelah minum air lemon. Tunggulah hingga satu jam. Ini dikarenakan permukaan gigi yang melunak akibat berkontak dengan air lemon akan semakin rusak bila disikat.
  • Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut.
  • Pakailah pasta gigi dengan kandungan fluoride dan khusus gigi sensitif, karena dapat memperkuat gigi.
  • Konsumsi permen karet bebas gula juga dapat membantu mengurangi risiko kerusakan gigi. Lakukan setelah minum air lemon karena dapat merangsang keluarnya air liur yang bisa menetralisir asam dalam rongga mulut.

0 Komentar

Belum ada komentar