Sukses

Efek Samping Minum Air Lemon bagi Gigi

Di balik berbagai manfaatnya, ternyata air lemon dapat merusak kesehatan gigi. Ini alasannya.

Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum adalah salah satu tren kesehatan yang sudah banyak dilakukan orang. Ya, buah ini dinilai memiliki sejumlah manfaat, seperti membantu mencegah dehidrasi, mendukung penurunan berat badan, hingga menghilangkan depresi.

Di balik beragam manfaat yang dimilikinya, ternyata mengonsumsi air lemon bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bila diminum pada pagi hari saat perut masih kosong. Hal ini akan melukai lambung dan menyebabkan GERD sehingga terasa sensasi terbakar pada dada. 

Selain itu, minum air lemon menyebabkan masalah yang cukup besar untuk kesehatan gigi. Apalagi bagi Anda yang mengonsumsinya setiap hari secara rutin. Apa benar jika minum lemon merusak gigi? Simak penjelasannya di bawah ini!

Artikel lainnya: Fakta Tentang Bahaya Minuman Berenergi bagi Kesehatan Gigi

1 dari 3 halaman

Minum Lemon Bisa Merusak Gigi

Lemon memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk menjaga daya tahan tubuh, karena mengandung  vitamin C tinggi dan flavonoid. Namun sayangnya, lemon memiliki tingkat keasaman cukup tinggi sehingga minum lemon bisa merusak gigi, terutama lapisan enamel gigi. 

Sebenarnya air lemon aman untuk diminum. Tapi jika dikonsumsi terlalu sering atau setiap hari, air lemon yang bermanfaat bisa berubah menjadi penyebab gigi rusak. 

Sebab, minum air lemon secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya proses erosi gigi yang berupa:

  • Hilangnya Lapisan Enamel

Efek samping lemon untuk gigi adalah hilangnya lapisan enamel. Ini karena pada buah lemon, terkandung asam sitrat yang dapat mengikis lapisan enamel gigi. Enamel sendiri merupakan lapisan terluar dari gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. 

Suasana asam yang terjadi di dalam mulut, bila dibiarkan berkontak dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel.

Artikel lainnya: 8 Manfaat Tak Terduga dari Lemon

  • Gigi Menjadi Kuning

Saat enamel gigi mulai terkikis, lapisan ini akan menjadi lebih tipis, memungkinkan dentin yang berwarna kekuningan dan terletak di bawahnya akan lebih terlihat. Alhasil, gigi akan tampak lebih kuning. Karena itulah, jangan sepelekan efek samping jeruk lemon yang satu ini.

  • Gejala Gigi Sensitif

Pada tahap ini, lapisan enamel yang terkikis dan menyebabkan lapisan dentin terekspos akan menimbulkan rasa ngilu di gigi. Khususnya bila terkena makanan atau minuman yang bersuhu panas, dingin, atau asam. 

Proses erosi gigi ini akan menyebabkan gigi rentan terhadap kerusakan. Awalnya gigi yang terkikis tidak menimbulkan rasa ngilu, namun lama kelamaan akan semakin dalam dan menyebabkan rasa sakit hingga mengganggu penampilan. Oleh karena itu, pemeriksaan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali perlu dilakukan.

Artikel lainnya: Hal Ini Bikin Anda Rentan Mengalami Gigi Sensitif

2 dari 3 halaman

Tips Kurangi Efek Minum Lemon terhadap Gigi

Sekarang Anda sudah tahu, kan, bahwa minum lemon bisa merusak gigi? Tapi jangan khawatir! Anda tetap dapat mengonsumsinya dengan melakukan beberapa langkah ini untuk melindungi gigi: 

  • Gunakanlah sedotan, karena cara ini dapat meminimalkan atau mengurangi kontak antara air lemon dengan gigi.
  • Kumur-kumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman tersebut.
  • Hindari menggosok gigi segera setelah minum air lemon. Tunggulah 30 menit hingga satu jam. Hal ini dikarenakan lunaknya permukaan gigi akibat berkontak dengan air lemon akan semakin terkikis bila disikat.
  • Hindari mencampurnya dengan air panas atau air hangat karena akan memperparah proses terkikisnya enamel gigi.
  • Gunakan air lemon hanya sebagai tambahan untuk menu makanan Anda, seperti salad atau penambah rasa untuk masakan.
  • Tambahkan buah lain atau sayuran seperti timun atau daun mint agar tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi.
  • Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan hindari menyikat gigi terlalu keras.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat.
  • Kunyah permen karet bebas gula untuk mengurangi risiko kerusakan gigi. Lakukan setelah minum air lemon agar dapat merangsang keluarnya air liur yang bisa menetralkan asam dalam rongga mulut.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerusakan gigi akibat minum air lemon. Meskipun buah ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, namun tetap batasi dalam mengonsumsinya. 

Jika gigi Anda sudah mengalami erosi, segeralah kunjungi dokter gigi. Anda juga dapat berkonsultasi seputar masalah kesehatan gigi dengan dokter gigi kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. 

[NWS]

1 Komentar