Sukses

Permen Karet Tertelan, Berbahayakah?

Permen karet tertelan merupakan jenis kasus yang sering ditemukan di tengah masyarakat. Berbahayakah permen karet jika tertelan? Berikut info medis dari dr. Mega Putri.

Permen karet adalah jenis permen yang dapat dikunyah, memiliki rasa yang unik, dan bentuk yang menarik. Permen karet, walaupun dibuat untuk dikunyah dan bukan untuk ditelan, tetapi ada saja kondisi di mana permen karet tersebut tidak sengaja tertelan, atau bahkan memang sengaja ditelan karena alasan tertentu.

Apakah permen karet yang tertelan berbahaya bagi kesehatan?

Terdapat sebuah pendapat yang menyebutkan bahwa permen karet yang tertelan akan bertahan di dalam lambung selama 7 tahun sebelum akhirnya bisa dicerna oleh tubuh. Secara medis, pendapat tersebut merupakan hal yang tidak benar.

Pasalnya, tubuh bisa mencerna beberapa bagian dari permen karet, seperti pemanis dan penguat rasa. Lalu, bagaimana dengan bagian lain dari permen karet tersebut?

Ketika Anda tidak sengaja menelan permen karet, permen karet tersebut tidak akan diam di dalam lambung selamanya. Permen karet tersebut akan bergerak bersama dengan makanan lain di sepanjang saluran pencernaan, dan pada akhirnya dikeluarkan bersama tinja.

Hal yang sama akan terjadi ketika kita menelan biji buah-buahan atau kulit buah secara disengaja ataupun tidak. Bahan-bahan tersebut tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga dikeluarkan dalam bentuk utuh bersamaan dengan tinja. Jadi, apabila Anda tidak sengaja menelan permen karet, Anda tidak perlu khawatir permen karet tersebut akan diam di dalam saluran cerna Anda selama beberapa tahun. Permen karet, jika dibandingkan dengan makanan biasa, memang membutuhkan waktu beberapa lama sampai bisa dikeluarkan bersama tinja. Tetapi pada umumnya, permen karet bisa dikeluarkan dengan baik bersamaan dengan tinja.

Namun demikian, hal tersebut bukan berarti membolehkan Anda menelan permen karet dengan seenaknya. Pasalnya, pada beberapa kasus, permen karet yang tertelan dalam jumlah banyak dan apabila kebetulan orang tersebut sedang mengalami sembelit atau konstipasi, maka hal tersebut bisa menyebabkan sumbatan di usus. Kasus tersebut banyak terjadi, terutama pada anak-anak, akibat diameter usus anak yang sempit dan jarang mengonsumsi makanan tinggi serat.

Oleh karena itu, bagi anak-anak, sangat tidak dianjurkan untuk menelan permen karet, apalagi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, apabila Anda menderita penyakit Chron atau divertikulitis, di mana terjadi penyempitan usus, maka menelan permen karet bisa menyebabkan sumbatan pada usus Anda.

Tidak usah takut untuk mengunyah permen karet, karena ternyata permen karet juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti:

  • Mengaktifkan kelenjar ludah sehingga ludah yang keluar akan menetralisir asam.
  • Mengatasi nyeri ulu hati dan membuat saluran cerna bekerja lebih baik.
  • Menajamkan konsentrasi.
  • Membantu menyingkirkan bakteri di dalam mulut Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar