Sukses

Matcha, Minuman Khas Jepang dengan Sederet Manfaat

Minuman matcha semakin populer, tak hanya di Jepang tapi juga di Indonesia. Matcha digunakan dalam campuran makanan ataupun minuman. Di balik itu, khasiat matcha ternyata memang besar, lho!

Matcha merupakan serbuk dari teh hijau khusus yang populer di Jepang dan banyak digunakan dalam upacara minum teh. Kebanyakan orang mungkin menganggap matcha sama dengan teh hijau. Tapi dalam kenyataannya, ternyata matcha berbeda dengan teh hijau. Perbedaan dari matcha dan teh hijau terletak saat panen. Teh hijau biasanya diambil dari pucuk daun yang paling atas. Sedangkan matcha justru dipanen saat masih kuncup, yang kemudian diolah menjadi serbuk.

Matcha dibuat dari daun teh hijau yang selama penanamannya dilindungi dari sinar matahari secara langsung. Daun teh yang digunakan untuk membuat serbuk matcha pun adalah daun teh yang terbaik, yang kemudian dikeringkan dan ditumbuk hingga menjadi serbuk. Meski begitu, kandungan nutrisi dalam matcha lebih lengkap dibandingkan dengan teh hijau (yang terbuang setelah melalui berbagai proses pengolahan).

Matcha di Jepang & Tiongkok

Di Tiongkok, matcha dianggap sebagai obat terbaik untuk masalah kesehatan. Matcha telah ada di Tiongkok sejak abad ke-9, namun di zaman itu matcha lebih banyak digunakan sebagai pengobatan daripada untuk olahan makanan atau minuman. Baru pada akhir abad ke-12, orang mulai menggunakan matcha sebagai makanan dan minuman.

Sekarang matcha tidak hanya tren di Jepang serta Tiongkok saja, melainkan di seluruh belahan dunia. Matcha telah hadir dalam beberapa bentuk makanan dan minuman. Karena rasanya yang unik tersebut, wajar jika matcha banyak digunakan sebagai perasa dalam es krim, permen, kue, dan sebagainya.

Manfaat Matcha

Selain unik, ternyata matcha mempunyai beberapa manfaat dalam kesehatan, misalnya: 

·         Matcha kaya akan antioksidan

Matcha diketahui memiliki kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG), yang jumlahnya sangat tinggi bahkan dibandingkan dengan varian teh hijau lainnya.

·         Matcha dapat menjaga kesehatan jantung

Penelitian mengungkapkan bahwa matcha dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik. Sehingga bisa dikatakan, matcha baik untuk kesehatan jantung.

·         Matcha dapat membantu menurunkan berat badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa EGCG pada matcha dapat membantu mengurangi berat badan, dengan efeknya pada metabolisme lemak.

·         Matcha untuk detoks

Tingkat klorofil pada matcha lima kali lebih tinggi daripada teh hijau biasa. Klorofil dapat membantu tubuh untuk membersihkan racun yang tidak diinginkan serta merawat kulit.

·         Matcha untuk tingkatkan kekebalan tubuh

Matcha merupakan sumber vitamin A dan C, potasium, protein, zat besi dan kalsium—semua kandungan ini tentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi, secangkir matcha mengandung nilai gizi setara dengan sekitar 10 cangkir teh hijau. Menakjubkan, bukan?

Matcha bisa juga digunakan menjadi pengganti kopi yang efektif. Kandungan kafein dalam matcha memang lebih rendah dibandingkan dalam secangkir kopi espreso, namun matcha merupakan sumber L-tehanine yang mampu meningkatkan gelombang alfa otak. Peningkatan gelombang alfa otak dapat menjadikan tubuh dan pikiran lebih tenang. Nah, kombinasi antara kafein dan L-tehanine inilah yang mampu menghasilkan kondisi terjaga seperti setelah minum kopi, tetapi dengan tingkat fokus dan ketenangan yang lebih tinggi dari kopi.

0 Komentar

Belum ada komentar