Sukses

Waspada, 8 Makanan Ini Dapat Merusak Gigi

Makanan yang dikonsumsi merupakan salah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan gini. Berikut 8 makanan yang berpotensi merusak gigi oleh drg. Arni Maharani.

Makanan merupakan salah satu faktor yang turut mempengaruhi kesehatan gigi. Karenanya, untuk menjaga kesehatan gigi, selain menyikat gigi dua kali sehari dan kontrol ke dokter gigi, memperhatikan makanan yang dikonsumsi juga menjadi suatu hal yang penting.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang berpotensi merusak gigi dan berisiko terhadap kesehatan rongga mulut, antara lain:

1.    Makanan dan minuman yang asam

Selain bisa membuat lapisan email gigi rusak, makanan ataupun minuman yang bersifat asam juga dapat mengiritasi luka dalam mulut.

2.    Permen

Banyaknya gula pada sebuah permen dapat menyebabkan terjadinya proses gigi berlubang. Bahaya dari permen ini akan menjadi ganda apabila permen yang dimakan cukup keras, karena permen tersebut juga bisa menyebabkan gigi patah bila dikunyah.

3.    Es batu

Sebagian orang suka mengunyah es batu, di mana kebiasaan ini dapat berujung pada patahnya gigi.

4.    Keripik

Jenis makanan keripik, seperti keripik kentang, singkong, talas dan keripik lainnya merupakan jenis makanan yang pada akhirnya akan terjebak pada bagian-bagian gigi, lalu kemudian dapat menyebabkan terbentuknya plak di permukaan gigi. Terbentuknya plak di permukaan gigi dapat memicu terjadinya gigi berlubang bila tidak dibersihkan.

5.    Kopi dan teh

Kafein yang terkandung dalam kopi dan teh dapat memicu kondisi mulut yang kering. Perubahan warna gigi juga akan terjadi pada orang yang mempunyai kebiasaan minum teh dan kopi karena stain yang melekat pada permukaan gigi.

6.    Makanan yang manis dan lengket

Jenis makanan ini bisa berupa dodol, kue keranjang atau manisan buah-buahan yang kering. Kerusakan pada gigi akan disebabkan oleh makanan jenis ini karena jenis makanan ini mempunyai tendensi untuk tersangkut dan menempel pada gigi.

7.    Minuman bersoda

Karies bisa berawal dari kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda. Selain itu, kadar asam tinggi yang terkandung pada minuman ini juga bisa merusak permukaan gigi bila dikonsumsi secara terus-menerus.

8. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat memperbesar risiko terjadinya kanker dalam mulut.

Memang, semua jenis makanan dan minuman tersebut dapat mempengaruhi kesehatan rongga mulut dan gigi, namun bukan berarti Anda harus secara total menghindari untuk mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Pasalnya, beberapa makanan dan minuman di atas juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah batasi dan modifikasi cara mengonsumsi jenis makanan di atas, misalnya minum dengan sedotan dan berkumur setelah mengonsumsi salah satu jenis makanan di atas.

0 Komentar

Belum ada komentar