Sukses

Manfaat Menari Bagi Kesehatan Tubuh

Menari merupakan sebuah kegiatan yang kelihatannya sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, tahukah Anda bahwa menari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut info medisnya.

Menari merupakan sebuah kegiatan yang pernah dilakukan oleh hampir setiap orang, entah berdansa ketika dalam pesta pernikahan ataupun menari poco-poco di sebuah acara kantor.

Sebenarnya, adakah efek menari terhadap tubuh kita? Menurut beberapa penelitian, menari memang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita. Manfaat tersebut, misalnya manfaat fisik, psikososial, dan manfaat sosial.

Berikut penjelasannya:

  • Menari Bermanfaat untuk Keseimbangan dan Perbaikan Suasana hati

Banyak studi yang menyebutkan bahwa menari dapat memperbaiki keseimbangan, bahkan pada seseorang yang berusia lanjut. Pada orang usia lanjut, manfaat menari dapat dilihat dari adanya perbaikan dalam postur tubuh, kecepatan berjalan, dan juga kecepatan bereaksi. Menurut jurnal The European Journal of Physical Rehabilitation di tahun 2009, menari bisa membantu penderita penyakit Parkinson. Selain itu, menari juga dapat memperbaiki suasana hati. Hal dapat dibuktikan dengan berkurangnya rasa depresi, cemas, stres dan meningkatkan rasa kepercayaan diri. Bahkan, sebuah teori yang dipublikasikan di Jurnal Arts in Psychotherapy menyebutkan bahwa menari bisa menjadi salah satu pilihan terapi bagi para penderita depresi dan kecemasan.

  • Menari Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung dan Berat Badan

Menari bisa menjadi pilihan olahraga jenis aerobik yang baik dan bagus untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan gagal jantung yang stabil dan melakukan tarian jenis Waltz, terjadi perbaikan dalam fungsi pembuluh darah dan perbaikan kualitas hidup. Selain itu, menari juga baik untuk menjaga berat badan ideal Anda. Pasalnya, menari dapat membakar hingga 240 kalori dari tubuh Anda. Pada umumnya, seseorang bisa membakar hingga 200 kalori saat menari. Contohnya pada orang yang melakukan gerakan tarian tango, maka jumlah kalori yang terbakar dapat mencapai 200 kalori.

Jadi, apabila Anda enggan untuk berolahraga, mungkin saja dengan menari bisa timbul semangat baru di dalam diri Anda. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin menjadikan menari sebagai salah satu jenis aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari. 

0 Komentar

Belum ada komentar