Sukses

Waspada, Tusuk Gigi Sebabkan Masalah Rongga Mulut

Tusuk gigi merupakan sebuah benda yang digunakan untuk membersihkan makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi. Namun, menggunakan tusuk gigi ternyata dapat sebabkah masalah rongga mulut, lho! Mengapa demikian? Berikut ulasannya.

Tusuk gigi merupakan suatu benda yang sering digunakan untuk membersihkan sisa kotoran yang terselip di gigi setelah seseorang mengonsumsi sesuatu. Namun, amankah penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sela gigi dari sisa makan yang terselip?

Tusuk gigi yang banyak kita temui merupakan alat pembersih rongga mulut yang terbuat dari bambu. Sebenarnya, penggunaan tusuk gigi ini tidak dianjurkan oleh American Dental Association karena bukan termasuk alat yang direkomendasikan.

Pasalnya, penggunaan tusuk gigi yang tidak cermat dapat merusak gusi penggunaannya. Dan apabila penggunaan tusuk gigi ini sudah menjadi suatu kebiasaan, maka risiko kerusakan gusi pada area yang sering dibersihkan dengan tusuk gigi akan semakin besar. Sebenarnya, tusuk gigi cukup aman untuk digunakan asalkan dilakukan dengan perlahan dan tidak menekan gusi serta gigi.

Lalu, apa yang harus dilakukan apabila makanan terselip di gigi?

Terdapat Alat pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan sela gigi yang lebih aman untuk digunakan, yaitu dental floss atau dikenal sebagai benang gigi. Selain itu, terdapat pula interdental brush atau sikat untuk sela gigi.

Memang, penggunaan kedua alat ini belum umum dilakukan oleh masyarakat, dan kedua alat ini masih sulit ditemukan di pasaran, terutama interdental brush tersebut.

Walaupun tidak ada makanan yang terselip, pembersihan sela-sela gigi sebenarnya sangat disarankan oleh para ahli setidaknya sehari sekali dengan menggunakan alat-alat yang dianjurkan. Pembersihan sela-sela gigi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tumpukan sisa makan yang bercampur plak dan bakteri, yang dapat membahayakan kesehatan gigi serta gusi.

Dan perlu Anda ingat, apabila Anda selalu mengalami kondisi makanan terselip di daerah yang sama berulang-ulang, ada baiknya bila Anda segera memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi. Pasalnya, hal tersebut bisa saja merupakan sebuah pertanda adanya kerusakan gigi – seperti gigi berlubang, kerusakan gusi – seperti gusi turun, atau karena celah di antara gigi Anda cukup besar karena adanya pergeseran pada gigi Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar