Sukses

10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Gigi merupakan bagian tubuh yang kerap diabaikan. Padahal, keberadaannya penting bagi hidup manusia. Ketahui berbagai fakta tentang gigi berikut ini.

Gigi merupakan bagian tubuh yang berfungsi penting untuk menunjang kehidupan manusia. Namun, keberadaannya seringkali kita abaikan. Tak sekadar untuk menggigit atau mengunyah makanan saja, gigi punya fungsi untuk membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik.

Selain itu, ternyata gigi juga memiliki beberapa fakta unik yang perlu diketahui. Fakta-fakta ini berguna agar Anda dapat mengenal gigi lebih dalam sekaligus bisa menjaga kesehatannya secara maksimal. Berikut 10 fakta unik gigi yang perlu Anda tahu.

1 dari 6 halaman

1. Gigi Sudah Terbentuk Sejak Dalam Kandungan

Benih gigi sudah terbentuk sejak kita masih berada di dalam kandungan. Gigi pertama mulai tumbuh di usia 4-6 bulan dan akan lengkap saat Anda menginjak usia 3 tahun. Gigi di usia balita ini disebut juga dengan gigi sulung atau gigi susu.

Kemudian, gigi susu akan tanggal dan digantikan saat Anda berusia 6 tahun. Gigi usia anak-anak inilah yang disebut dengan gigi permanen.

2. Gigi Seperti Sidik Jari

Meskipun semua manusia umumnya memiliki gigi, namun setiap gigi masing-masing orang memiliki ciri khas tersendiri seperti sidik jari. Ciri khas gigi ini dapat digunakan untuk mengenali identitas jenazah korban pembunuhan, terorisme, bencana, dan lainnya.

Di samping itu, gigi juga digunakan untuk mengetahui jenis kelamin, usia, ras, pekerjaan serta kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh seseorang semasa hidupnya.

Artikel Lainnya: Gigi Berlubang, Langsung Cabut atau Dirawat Saja?

2 dari 6 halaman

3. Sepertiga Bagian Gigi Tertanam

Fakta mengungkapkan, sekitar sepertiga bagian gigi kita tertanam atau berada di bawah gusi. Oleh karena itu, kita selalu dianjurkan untuk menjaga kesehatan gusi. Sebab, kesehatan gusi sama pentingnya dengan memastikan gigi Anda terawat dengan baik. Gusi yang sehat akan terlihat rapat dan berwarna merah muda.

4. Enamel Adalah Bagian Terkeras Gigi

Lapisan terluar gigi atau biasa disebut enamel, merupakan bagian tubuh yang paling keras. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bagian-bagian yang ada di dalam gigi. 

Enamel gigi ini terbuat dari kalsium dan fosfat seperti tulang, namun lebih kuat karena dibentuk oleh protein spesifik dan kristalit.

3 dari 6 halaman

5. Enamel bisa rusak

Meskipun menjadi bagian terkeras yang berfungsi melindungi gigi, tetapi enamel masih bisa retak atau rusak karena pembusukan. Rusaknya enamel gigi disebabkan oleh gula dan asam yang ada di dalam makanan ataupun minuman ringan.

Asam dari makanan dan minuman akan berinteraksi dengan bakteri di mulut dan menyerang lapisan enamel. Kalau sudah begini, tandanya kerusakan gigi sudah mulai terjadi.

6. Gigi Berubah Warna

Tak hanya rusak, enamel gigi juga bisa berubah warna. Perubahan warna dapat disebabkan oleh faktor dari luar. Misalnya, seperti noda dari makanan, minuman, atau rokok. Selain itu, warna enamel gigi yang berubah dapat dipicu oleh faktor internal, salah satunya akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Artikel Lainnya: Jangan Biarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama, Bahaya!

4 dari 6 halaman

7. Gigi Dapat Bertahan Seumur Hidup

Jika dirawat dengan baik, kesehatan gigi akan terjaga dan bertahan seumur hidup. Begitu pula dengan kesehatan gusi dan jaringan sekitarnya. Agar tetap kuat dan terawat, Anda harus rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Caranya mudah, rajinlah menyikat gigi dan periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

8. Kerusakan Gigi Dapat Mengancam nyawa

Fakta gigi yang satu ini harus Anda simak baik-baik, ya. Apabila gigi berlubang atau rusak, lalu tidak segera dirawat dengan benar, kondisinya bisa semakin bertambah parah.

Tak hanya itu, kerusakan gigi yang diabaikan juga berpotensi menyebabkan kematian. Risiko ini dapat muncul ketika infeksi bakteri yang berasal dari gigi menyebar ke setiap organ vital tubuh melalui pembuluh darah.

5 dari 6 halaman

9. Dilindung oleh Air Liur

Setiap hari, rongga mulut manusia akan menghasilkan air liur yang penting untuk kesehatan gigi. Air liur berfungsi untuk membantu mencerna makan dan melindungi gigi dari bakteri di mulut.

Artikel Lainnya: Plak dan Karang Gigi Beda Lo! Yuk Cari Tahu

10. Kesehatan Gigi dan Kesehatan Fisik Saling Berhubungan

Tak sedikit masalah kesehatan yang berkaitan atau dengan kesehatan gigi. Misalnya saja, penyakit jantung, diabetes, dan osteoporosis. Keduanya saling berhubungan karena gigi memiliki cabang pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

Itu dia 10 fakta menarik tentang gigi manusia. Agar kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Sikatlah gigi secara teratur dua kali sehari dan lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, timbulnya berbagai masalah gigi dapat dicegah.

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan tentang masalah gigi dan mulut lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar