Sukses

10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Gigi merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan manusia. Gigi, selain berfungsi untuk mengunyah, ternyata juga menyimpan beberapa rahasia unik di balik fungsi utamanya tersebut. Berikut ulasan dari drg. Arni Maharani.

Gigi, seperti bagian tubuh lainnya, mempunyai fungsi yang tidak sembarangan dalam menunjang kehidupan manusia. Gigi tidak hanya digunakan untuk mengunyah saja, tetapi juga digunakan untuk membuat seseorang terlihat sangat menarik dari segi penampilan.

Namun, banyak dari kita yang terkadang mengabaikan pentingnya gigi sehingga hal-hal yang dapat menunjang kesehatan gigi juga sering terabaikan.

Untuk menjaga kesehatan gigi, setidaknya kita harus menyikat gigi minimal dua kali sehari. Selain itu, jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter gigi agar kondisi gigi Anda dapat terus terpantau.

Selain hal tersebut, Anda juga harus mengenal gigi Anda lebih dalam untuk dapat menjaga kesehatan gigi secara maksimal.

Berikut beberapa fakta unik gigi yang perlu Anda ketahui:

  1. Benih gigi terbentuk sejak Anda berada di dalam kandungan, mulai tumbuh pada saat usia 4-6 bulan, dan lengkap saat Anda menginjak usia 3 tahun, lalu  digantikan pada saat Anda menginjak usia 6 tahun.
  2. Gigi manusia dapat digunakan untuk mengenali jenazah korban pembunuhan, terorisme, bencana, dan lainnya. Selain itu, gigi juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin, usia, ras, pekerjaan serta kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh seseorang semasa hidupnya.
  3. Gigi merupakan bagian terkeras dari tubuh manusia.
  4. Air liur yang menempel pada gigi dapat melindungi gigi dari bahaya gigi berlubang karena bakteri.
  5. Perubahan warna pada gigi dapat terjadi, baik disebabkan oleh kebiasaan makan, usia, obat-obatan maupun karena kematian gigi. Perubahan warna pada gigi dapat diatasi dengan bantuan dokter gigi.
  6. Orang yang mempunyai kebiasaan makan dan minum sesuatu dengan kandungan asam yang tinggi akan berisiko mempunyai gigi yang sensitif dan bergejala ngilu.
  7. Gigi pada anak yang mempunyai orangtua atau keluarga dengan kebiasaan merokok akan berisiko mengalami gigi berlubang.
  8. Gigi tetap dapat bertahan seumur hidup bila kesehatannya terjaga, begitu pula jika kesehatan gusi dan jaringan pendukungnya terjaga dengan baik.
  9. Gigi yang tidak berlubang dan sehat dapat goyang ataupun lepas karena penyakit sistemik, seperti diabetes.
  10. Bila tidak dirawat dan dijaga kesehatannya, gigi berlubang bisa mengancam nyawa.

0 Komentar

Belum ada komentar