Sukses

Jinten Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jinten hitam, tanaman rempah yang telah dikenal selama ribuan tahun ini memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Baca selengkapnya di sini.

Jinten hitam oleh masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Jinten hitam atau black seed adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan.

Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal selama ribuan tahun, dan digunakan secara luas di negara seperti India, Pakistan, dan Timur Tengah sebagai obat berbagai macam penyakit.

Umumnya jinten hitam juga digunakan sebagai bahan masakan untuk bermacam jenis masakan di berbagai belahan dunia. Jinten hitam yang memiliki rasa sedikit pahit ini dapat diolah sedemikian rupa hingga menjadi minyak jinten hitam. Ada juga jinten hitam dalam bentuk kapsul, sehingga mudah dikonsumsi oleh orang untuk diambil manfaatnya.

Selain itu, jinten hitam banyak digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, ginjal dan fungsi hati, serta sistem kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan kecantikan:

  1. Jinten hitam sebagai antibakteri

Jinten hitam diketahui memiliki manfaat antibakteri, salah satunya adalah bakteri E. Coli yang biasanya ada pada penderita diare.

  1. Jinten hitam sebagai antijamur

Penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa jinten hitam dapat digunakan sebagai antijamur. Terutama Candida albicans sebagai penyebab utama dari penyakit candidiasis yang bisa terjadi pada mulut, kerongkongan, serta saluran pencernaan hingga vagina.

  1. Jinten hitam sebagai antioksidan

Jinten hitam bisa berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas untuk mencegah penuaan dini.

Dari beberapa manfaat di atas, ada beberapa keutamaan lain dari jinten hitam yaitu sebagai antidiabetes, antikanker, serta antiradang. 

0 Komentar

Belum ada komentar