Sukses

Jangan Menjilat Bibir Kering, Ini Alasannya

Terlalu lama di ruangan ber-AC atau dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering. Jika sudah begitu, hindarilah menjilat bibir. Ini cara tepat untuk melembapkannya.

Bibir kering merupakan kondisi yang sering kali terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Selain itu, bibir kering juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti paparan sinar matahari, perubahan suhu yang drastis, serta adanya suatu penyakit dan pengobatan tertentu.

Saat mengalami bibir kering, tak sedikit orang yang kemudian menjilat bibir agar membuatnya lembap. Cara ini sebenarnya sama sekali tidak dianjurkan.  Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut. 

1 dari 3 halaman

Dijilat, Bibir Justru Makin Kering?

Ketika Anda menjilat bibir, ada kandungan enzim amilase dan maltase di dalam ludah, yang akan menipiskan kulit di permukaan bibir. Hal ini lama kelamaan akan membuat bibir semakin rentan terhadap udara kering, bahkan memicu pecah-pecah dan berdarah. 

Menjilat bibir yang kering memang akan membuat bibir menjadi basah, tapi hanya sebentar.  Saat Anda menjilat bibir, air ludah akan menguap dan permukaan bibir akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Artikel lainnya: Sariawan di Bibir Kering, Bolehkah Dibiarkan?

Hal ini disebabkan air liur yang menempel pada bibir akan mengambil kelembapan dari permukaan bibir ketika air liur tersebut mengering. Perlu Anda ketahui, air liur mengandung enzim yang bisa membuat bibir menjadi kering. 

Selain itu, kebiasaan menjilat bibir saat bibir kering bisa membuat bakteri dalam mulut berpindah ke bibir dan menyebabkan luka di sudut bibir.

Jadi, daripada membahayakan kesehatan bibir Anda dengan menjilatnya – baik ketika terjadi kondisi bibir kering, bibir pecah-pecah ataupun hanya sekadar refleks saja – lebih baik Anda melakukan hal-hal yang bisa membuat bibir Anda selalu sehat. 

2 dari 3 halaman

Bukan Dijilat, Ini Cara Atasi Bibir Kering

Berikut adalah cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan: 

  • Minum Air yang Cukup 

Selain dapat menjaga kelembapan kulit, minum 2 liter air per hari juga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan seluruh tubuh Anda, termasuk bibir.

  • Jangan Mengelupas Kulit Bibir yang Kering

Mengelupas kulit bibir yang kering akan menyebabkan luka yang terasa sakit. Luka tersebut akan meningkatkan risiko bibir untuk terserang infeksi tambahan. Tanpa dikelupas secara paksa, kulit bibir yang kering akan dengan sendirinya terkelupas bila lapisan di bawahnya sudah muncul. 

  • Gunakan Pelembap Bibir 

Saat bangun pagi biasakan untuk menggosok bibir dengan waslap atau sikat gigi, kemudian pakai lip balm atau pelembap bibir.

Pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya (minimal SPF 15) dan moisturizer seperti petrolatum, beeswax, cocoa butter, coconut oil, shea butter. Selain itu, gunakan pelembap sebelum Anda memakai lipstik, bukan setelahnya.

Jangan gunakan pelembap bibir yang memiliki warna, pewangi dan rasa. Rasa yang manis yang berlebihan membuat Anda malah ingin terus menjilat. Sedangkan rasa mint yang segar dapat membuat bibir Anda menjadi iritasi.

Artikel lainnya: Hati-hati, Bibir Kering Memicu Sariawan

  • Gunakan Air Hangat untuk Membersihkan Bibir

Saat membersihkan wajah dan bibir, gunakan air yang dingin, jangan air yang hangat.

  • Manfaatkan Humidifier 

Bila Anda memiliki humidifier atau alat pengatur kelembapan udara di rumah, Anda bisa menyalakannya agar bibir lembap dan tidak kering.

  • Siapkan Scarf, Masker, atau Topi

Gunakan scarf atau masker saat berada di udara yang dingin, dan gunakan topi yang lebar untuk menutupi wajah dari sinar matahari. 

Terdapat kondisi lain yang perlu diperhatikan saat terjadi kondisi bibir kering. Misalnya, bibir kering yang terjadi saat Anda sedang mengalami rasa cemas atau gugup. Apabila demikian, konsultasikanlah hal tersebut pada dokter Anda. 

Atau, Anda bisa berusaha mencermati dan menghindari pemicu stres tersebut, mencoba meditasi, mengunyah permen karet, atau sesederhana seperti menarik napas dalam-dalam saat Anda merasa cemas.

Dengan memahami hal-hal yang dapat menyebabkan bibir Anda kering, maka Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan. Salah satunya adalah lip dermatitis. 

Jika Anda mengalami gejala lip dermatitis seperti kemerahan di sekeliling bibir, bibir kering pecah-pecah, dan bibir gatal, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan menjilat bibir. Kemudian gunakan pelembap bibir yang tepat. 

Untuk membaca artikel kesehatan yang menarik lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar