Sukses

Bibir Kering, Jangan Dijilat!

Kondisi bibir kering sering kali membuat orang yang mengalaminya untuk segera menjilat bibir tersebut dengan maksud membuat bibir menjadi basah. Namun sebaiknya, bibir kering janganlah dijilat. Mengapa demikian? Berikut info medisnya.

Bibir kering merupakan suatu kondisi yang sering kali terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Selain itu, bibir kering juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, misalnya udara, paparan sinar matahari, perubahan suhu yang drastis, serta adanya suatu penyakit tertentu.

Ketika seseorang mengalami kondisi bibir kering, orang tersebut cenderung akan segera menjilat bibir keringnya tersebut. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga sering menjilat bibir kering yang terjadi pada diri Anda?

Apabila ya, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut. Menjilat bibir kering bukannya membuat bibir menjadi lembap, tetapi malah membahayakan kesehatan bibir Anda tersebut.

Pasalnya, bibir kering yang dijilat dengan maksud membasahkan bibir tersebut justru akan menyebabkan bibir menjadi semakin kering. Hal ini disebabkan karena air liur – yang menempel pada bibir Anda karena Anda menjilatnya – akan menyebabkan air liur tersebut mengambil kelembapan dari permukaan bibir ketika air liur tersebut mengering.

Perlu Anda ketahui, air liur mengandung enzim yang bisa membuat bibir menjadi kering. Selain itu, dengan membiasakan menjilat bibir ketika terjadi bibir kering bisa membuat bakteri dalam mulut berpindah ke bibir dan menyebabkan luka di sudut bibir.

Jadi, daripada membahayakan kesehatan bibir Anda dengan menjilatnya – baik ketika terjadi kondisi bibir kering, bibir pecah-pecah ataupun hanya sekedar reflek saja – lebih baik Anda melakukan hal-hal yang bisa membuat bibir Anda selalu sehat dan terbebas dari risiko bibir kering.

Hal-hal yang bisa membuat bibir Anda selalu sehat dan terbebas dari risiko bibir kering, antara lain:

  • Minum air yang cukup. Selain dapat menjaga kelembapan kulit, minum 2 liter air per hari juga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan seluruh tubuh Anda, termasuk bibir.
  • Jangan mengelupas kulit bibir yang kering. Mengelupas kulit bibir yang kering akan menyebabkan luka yang terasa sakit. Luka tersebut akan meningkatkan risiko bibir untuk terserang infeksi tambahan. Tanpa dikelupas secara paksa, kulit bibir yang kering akan dengan sendirinya terkelupas bila lapisan di bawahnya sudah muncul.
  • Gunakan lip balm atau pelembap pada bibir, terutama yang mengandung petrolatum dan dimethicone. Selain itu, gunakanlah pelembap ini juga sebelum Anda memakai lipstick, bukan setelahnya.
  • Bila diperlukan, gunakanlah pelembap bibir yang mengandung tabir surya agar bibir dapat terindungi dari sinar ultraviolet.

Namun demikian, terdapat kondisi lain yang perlu diperhatikan saat terjadi kondisi bibir kering, yakni bibir kering yang terjadi terlalu sering ataupun bibir kering yang terjadi ketika Anda sedang dalam terapi obat tertentu. Saat kondisi tersebut terjadi, konsultasikanlah hal tersebut pada dokter Anda. Pasalnya, kondisi bibir kering ini mungkin saja disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu ataupun pengaruh obat yang sedang Anda konsumsi.

0 Komentar

Belum ada komentar