Sukses

Pertolongan Pertama pada Gigitan Anjing

Anjing merupakan jenis hewan yang nampaknya jinak jika dilatih dengan benar. Namun, anjing tetap memiliki naluri untuk menyerang ataupun menggigit orang di sekitarnya. Berikut pertolongan pertama pada gigitan anjing oleh dr. Muhammad Anwar Irzan.

Memilih anjing sebagai hewan peliharaan di rumah tidak jarang dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Anjing merupakan hewan yang pintar dan setia apabila dilatih dengan benar.

Namun demikian, anjing tetaplah hewan yang memiliki naluri untuk menyerang, dan dapat menggigit meskipun sedang disayang oleh majikannya.

Kejadian yang tidak diinginkan, seperti digigit anjing, dapat terjadi dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, Anda harus tetap berhati-hati walaupun anjing yang menjadi binatang peliharaan Anda terlihat jinak, bukan tidak mungkin ia akan mengigit Anda sewaktu-waktu.

Kebanyakan gigitan anjing tidak berbahaya dan biasanya hanya merupakan gigitan yang kecil. Namun, anjing juga dapat menggigit hingga menimbulkan luka yang parah di tubuh korban.

Ketika mengigit, anjing menggunakan gigi depannya untuk mencengkeram korban, sedangkan gigi lainnya menarik kulit di sekitarnya. Gigitan tersebut dapat berakibat pada terbentuknya lubang dalam di kulit yang menyebabkan bentuk luka tersebut seperti luka tusukan, luka laserasi atau abrasi.

Pada anak-anak, leher dan wajah, bibir, hidung, maupun pipi adalah daerah yang paling sering menjadi sasaran dari gigitan anjing. Sedangkan pada orang dewasa, anjing lebih sering mengigit daerah tangan dan kaki.

Perlu Anda ketahui, seperti kebanyakan jenis gigitan hewan, gigitan anjing biasanya juga dapat diobati dengan mudah. Namun, pertolongan pertama harus segera diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi akibat gigitan yang terjadi. Pasalnya, air liur hewan, termasuk anjing, mengandung jutaan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal digigit anjing, berikut pertolongan pertama yang harus dilakukan:

  1. Bersihkan luka bekas gigitan anjing tersebut sesegera mungkin. Anda dapat membasuh luka tersebut dengan air hangat selama beberapa menit untuk membersihkannya.
  2. Tekan area yang terluka akibat gigitan anjing tersebut apabila ada darah yang mengalir menggunakan kain bersih atau kasa steril jika Anda memilikinya.
  3. Berikan obat antinyeri untuk membuat rasa nyaman pada orang yang tergigit anjing.
  4. Segera bawa korban gigitan anjing tersebut ke rumah sakit atau ke sarana kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan yang komprehensif terkait luka gigitan anjing yang dideritanya.

0 Komentar

Belum ada komentar