HomeGaya hidupDiet dan NutrisiNikmati Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Nikmati Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

dr. Kartika Mayasari, 22 Apr 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain mempunyai rasa yang unik, kacang merah juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Baca selengkapnya di sini!

Nikmati Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah adalah jenis kacang yang popular di Indonesia. Biasanya kacang merah diproses sedemikian rupa hingga menjadi sebuah es kacang merah yang lezat. Atau jika Anda mau menambahkannya pada sayuran yang Anda buat juga bisa. Kacang merah umumnya diselipkan pada sayur asem. Rasa kacang merah akan membuat masakan mempunyai rasa yang lebih sempurna.

Selain mempunyai rasa yang unik, kacang merah juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada kacang merah termasuk karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral dalam kacang merah adalah vitamin B, besi, potasium, dan asam folat yang cukup tinggi.

Berikut adalah beberapa manfaat pada kacang merah:

  1. Melindungi dari penyakit jantung

Dengan mengonsumsi kacang merah secara teratur akan membuat kondisi jantung Anda semakin baik. Ini dikarenakan kandungan kalium, magnesium, serat, serta asam folat yang ada di dalamnya.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain serat dan asam folat, kacang merah juga mengandung antioksidan. Antioksidandiyakini memiliki sifat anti-penuaan dini, dengan cara membatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini membantu melindungi kulit dan tubuh dari masalah kesehatan jangka panjang yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan makanan yang tidak sehat. 

  1. Mengontrol gula darah dan membantu menurunkan berat badan

Serat, protein, dan karbohidrat kompleks pada kacang merah dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Karena itu, kacang merah sangat baik bagi orang-orang dengan resistensi insulin, hipoglikemia atau diabetes. Efek kacang merah juga dapat membantu orang obesitas dan kelebihan berat badan dalam melawan kelebihan lemak tubuh.

Nah, dengan segudang manfaat di atas, yuk mulai konsumsi kacang merah untuk kesehatan Anda!

kacang merah

Konsultasi Dokter Terkait