Sukses

Mengeluarkan Air Mata Saat Memotong Bawang, Mengapa?

Mengeluarkan air mata saat memotong bawang merupakan hal yang sering terjadi. Tahukah Anda alasan di balik mengeluarkan air mata saat memotong bawang? Simak selengkapnya berikut ini.

Memotong bawang mungkin menjadi suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga saat hendak memasak sesuatu.

Memotong bawang terkadang menjadi suatu kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, saat seseorang memotong bawang, khususnya bawang merah, maka orang tersebut sering kali mengeluarkan air matanya.

Padahal, mengeluarkan air mata – seperti menangis – biasanya terjadi ketika seseorang sedang berduka, atau ada hal yang menyedihkan terjadi. Tetapi, walaupun tidak dalam keadaan demikian, mengapa seseorang bisa mengeluarkan air matanya juga ketika ia sedang memotong bawang?

Ternyata, saat memotong bawang – khususnya bawang merah – bawang tersebut  akan melepaskan senyawa kimia yang bernama Propanethiol S-Oksida. Senyawa kimia yang dihasilkan oleh bawang merah tersebut lalu bercampur dengan enzim tertentu yang dapat membentuk gas sulfur. Gas inilah yang ternyata bisa mengiritasi dan menyebabkan seseorang mengeluarkan air mata saat memotong bawang merah.

Hal ini biasanya bisa diatasi dengan menutup mata saat memotong bawang merah. Namun, menutup mata saat memotong bawang bukanlah hal yang wajar untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda tidak mengeluarkan air mata yang berlebihan saat memotong bawang?

Agar saat memotong bawang air mata Anda tidak mengalir keluar, Anda bisa menyiasatinya dengan membakar lilin di sekitar Anda saat Anda hendak memotong bawang.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi hal tersebut dengan memakai kacamata yang bisa menghalangi gas sulfur untuk mengenai mata Anda secara langsung. Dan ingatlah untuk jangan menyentuh ataupun mengucek-ngucek mata Anda ketika Anda memotong bawang karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi pada mata Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar