Sukses

Apel Hijau untuk Radang Sendi

Selain rasanya yang enak, apel hijau ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat mengatasi nyeri sendi. Ini faktanya untuk Anda.

Siapa tak kenal apel hijau? Buah yang punya rasa manis dan asam ini punya banyak nutrisi penting bagi tubuh Anda. Antara lain serat, karbohidrat, vitamin dan mineral, serta kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan apel merah.

Buah ini pun baik bagi kesehatan jantung, hati, sistem pencernaan, dan bahkan untuk menurunkan berat badan. Namun, tak hanya itu, ada pula manfaat apel hijau untuk sendi sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi. Kok bisa, ya?

 

1 dari 3 halaman

Bagaimana Apel Hijau Dapat Mengatasi Nyeri Sendi?

Dua kandungan penting apel hijau adalah vitamin C dan vitamin A. Vitamin C, selain penting untuk daya tahan tubuh, juga dapat membantu mengurangi radikal bebas. Sementara itu, vitamin A secara umum dapat menjaga kesehatan mata.

Selain itu, apel hijau juga sumber mineral kalsium, yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Proses penuaan juga dapat diperlambat dengan semua kandungan baik yang terdapat pada apel hijau. Kadar lemak yang rendah dalam apel hijau juga dapat menjaga aliran darah dalam tubuh tetap baik. Hal ini sekaligus dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Artikel lainnya: Penyebab Nyeri Sendi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Adanya kandungan vitamin K dalam apel hijau juga membantu darah dalam proses pembekuan darah normal. Proses pemulihan setelah cedera pun dapat berjalan dengan lebih baik.

Nah, secara tidak langsung, dengan dihambatnya proses peradangan, penuaan, serta terjaganya aliran darah dengan aneka vitamin dan mineral tersebut, nyeri dan peradangan sendi dapat dikurangi dan dicegah.

Seperti Anda tahu, radang sendi atau artritis adalah keluhan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau pada jaringan yang mengelilingi sendi. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Penuaan
  • Cedera di daerah sendi
  • Gangguan metabolisme tubuh, misalnya asam urat yang tinggi atau kalsium yang tinggi
  • Infeksi di sendi
  • Autoimun, seperti yang terjadi pada artritis rheumatoid

Penyebab-penyebab di atas dapat diminimalkan dengan konsumsi apel hijau yang punya ragam kandungan nutrisi di atas. Namun tentunya, manfaat apel hijau ini semakin akan optimal ketika dibarengi dengan gaya hidup sehat setiap hari.

Artikel lainnya: Berendam Air Garam, Cara Redakan Nyeri Sendi Akibat Asam Urat

2 dari 3 halaman

Berapa Banyak Apel Hijau yang Dibutuhkan untuk Obati Radang Sendi?

Buah apel secara umum sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Untuk apel hijau, Anda bisa mengonsumsi satu buah setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya bagi sendi. Kandungan 80 kalori dalam suatu porsi apel dianggap cukup untuk para pengidap radang sendi.

Akan lebih baik lagi apabila Anda mengonsumsi buah apel hijau segar. Hindari minum jus apel kemasan karena sudah ditambahkan gula tambahan, zat perasa, dan juga pengawet.

Studi membuktikan, hal-hal tersebut berhubungan dengan kejadian rheumatoid artrhtitis pada dewasa berusia 20-30 tahun. Gula berlebihan dapat berperan dalam terjadinya arthritis yang disebabkan oleh proses autoimun.

Agar tidak bosan, Anda dapat memvariasikan cara mengonsumsi apel. Misalnya, menjadikannya buah potong sebagai bekal ke kantor. Anda juga bisa mencampurkannya dengan aneka buah lain dalam salad buah.

Cara lainnya, apel hijau dapat dicampurkan ke dalam pie, muffin, dan waffle, atau diolah ke dalam smoothie. Tapi ingat ya, untuk tetap memperhatikan tambahan gula ke dalam hidangan Anda agar tidak berlebihan.

Itulah manfaat apel hijau untuk penderita nyeri sendi. Akan tetapi, apabila keluhan radang sendi Anda tak kunjung membaik atau semakin berat, segera konsultasikan dengan dokter. Penanganan lebih lanjut mungkin dilakukan untuk mengobati keluhan tersebut.

Masih punya pertanyaan seputar nyeri sendi dan cara mengatasinya? Chat langsung dokter kami di aplikasi KlikDokter!

[HNS]

0 Komentar

Belum ada komentar