Sukses

Berbahayakah Jika Staples Tertelan?

Staples banyak digunakan sebagai perekat bungkus makanan. Staples sering kali lepas dan tercampur ke dalam makanan sehingga dapat tertelan. Berbahayakah hal ini? Simak selengkapnya di sini.

Staples merupakan salah satu benda yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun berukuran kecil, staples sebenarnya memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan manusia.

Staples banyak digunakan oleh masyarakat untuk menjepit kertas, plastik, termasuk menggunakannya pada pembungkus makanan. Para penjual makanan kerap menggunakan staples untuk merekatkan bungkus berbagai jenis makanan agar tidak mudah tumpah.

Namun jika tidak berhati-hati saat membuka kemasan yang berstaples, staples tersebut akan ikut tercampur ke dalam makanan dan dapat tertelan secara tidak sengaja.

Lantas, berbahayakah jika staples tertelan? Lalu, apa yang harus kita lakukan jika staples tertelan?

Pada dasarnya, staples merupakan suatu benda yang berukuran sangat kecil. Jika benda tersebut tertelan maka benda tersebut dapat keluar dengan sendirinya melalui tinja dalam beberapa hari sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan ketika Anda secara tidak sengaja menelan staples tersebut, terutama jika staples dalam keadaan tertutup.

Gangguan kesehatan sangat jarang terjadi pada kasus ini. Untuk membantu agar staples yang tidak sengaja Anda telan dapat keluar dengan cepat melalui tinja maka Anda perlu melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Minum air yang banyak
  • Meningkatkan konsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah-buahan.

Hal tersebut dapat membuat tinja Anda menjadi lebih lunak dan membantu kelancaran pembuangan sisa makanan, termasuk staples yang tertelan. Dalam beberapa hari setelah tertelan staples, Anda perlu memperhatikan tinja Anda untuk melihat apakah ada stapes yang keluar.

Di samping itu, untuk meyakinkan bahwa tidak ada lagi staples yang tertinggal di dalam perut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan rontgen perut setelah beberapa hari tertelan staples.

Namun demikian, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait staples yang tertelan. Beberapa kondisi tersebut, yakni:

  1. Anda merasakan bahwa staples tersangkut di tenggorokan
  2. Anda merasakan gejala seperti mual dan muntah
  3. Anda merasakan gejala sakit perut

Dokter akan melakukan pemeriksaan kepada Anda, dan jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan foto rontgen pada leher, dada, atau perut Anda, tergantung dari gejala yang Anda alami. Pemeriksaan dengan foto rontgen ini sangat akurat karena staples terbuat dari metal sehingga staples yang tertelan tersebut  tampak jelas. Lalu, penanganan terkait kasus tersebut akan disesuaikan dengan hasil penemuan dokter saat pemeriksaan.

Jadi, walaupun staples yang tertelan jarang menyebabkan masalah kesehatan, namun kita harus tetap berhat-hati. Jika Anda membeli makanan yang dibungkus menggunakan staples, pastikan Anda mencabut dan membuang staples tersebut dengan benar sebelum makan sehingga staples tidak tercampur ke dalam makanan Anda hingga akhirnya tertelan oleh Anda.

Jika staples masuk ke dalam makanan, cobalah untuk mencari staples tersebut sebelum Anda mulai untuk mengonsumsi makanan tersebut. Namun, jika staples yang tercampur ke dalam makanan yang hendak Anda konsumsi susah untuk ditemukan, berhati-hatilah saat mengonsumsi makanan tersebut. Kunyahlah makanan dengan baik agar ketika ada biji staples yang masuk ke dalam mulut, Anda dapat merasakannya dan membuangnya. 

1 Komentar