Sukses

Ingin Berat Badan Turun? Konsumsi Protein!

Apakah hubungan antara makanan tinggi protein dengan turunnya berat badan? Yuk, baca selengkapnya di sini.

Banyak orang yang mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti daging, dengan harapan bisa menurunkan berat badannya. Mereka menganggap bahwa makanan yang tinggi protein akan membantu mereka merasa lebih kenyang, sehingga mereka tidak akan makan makanan tambahan lainnya.

Ternyata, di dalam penelitian terbaru yang diterbitkan pada Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, memang disebutkan bahwa makanan tinggi protein akan membuat kita lebih cepat merasa kenyang.

Hubungan antara kekenyangan dengan konsumsi makanan yang tinggi protein terletak pada hormon. Makanan yang tinggi protein akan menyebabkan pengeluaran suatu hormon yang akan membuat kita merasa kenyang. Akan tetapi, walaupun makanan tinggi protein membuat kita mudah kenyang, bukan berarti hal tersebut dapat serta-merta langsung menurunkan berat badan kita.

Banyak sekali faktor lain yang memengaruhi. Perasaan lapar dan kenyang bukan satu-satunya hal yang bisa memengaruhi berat badan kita. Sebagai contoh: terkadang walaupun kita sudah merasa kenyang, tapi apabila kita melihat makanan yang menggugah selera, kita pun akan tetap makan—tidak peduli apakah kita sudah kenyang atau tidak.

Meski begitu, konsumsi makanan yang tinggi protein merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tentunya kita juga harus memperhatikan faktor lainnya, seperti kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi per hari, olahraga, serta tidur yang cukup. Yang pasti, mengonsumsi protein—baik yang berasal dari hewan ataupun tanaman—penting untuk mengatasi rasa lapar. Selain itu, protein juga bagus untuk kesehatan otot, imunitas, dan produksi hormon.

0 Komentar

Belum ada komentar