Sukses

Anak dengan Gangguan Mental, Apa yang Orangtua Perlu Lakukan?

Ketika seorang anak memiliki gangguan mental, orangtua sering kali dibuat pusing. Sebenarnya, apa yang orangtua perlu lakukan? Berikut pemaparan dr. Muhammad Anwar Irzan.

Anak yang memiliki gangguan mental merupakan anak yang membutuhkan dukungan dengan intensitas yang lebih dari sebelumnya.

Ketika seorang anak di diagnosis memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya, orangtua dan anak tersebut umumnya akan mengalami perasaan tidak berdaya, marah dan frustrasi.

Orangtua akan diliputi perasaan bersalah dan diliputi ketidakmampuan untuk menangani emosi yang memuncak sehingga pada akhirnya hanya memperburuk situasi dan kondisi mental dari anak.

Ada baiknya jika Anda dapat menghindari semua sifat tersebut, dan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Mencari cara untuk bersantai dan bersenang-senang dengan anak Anda untuk mengeksplorasi teknik pengelolaan stres yang sesuai untuk anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat memuji setiap hasil karya anak agar anak merasa lebih senang sehingga kondisi mental positif anak dapat terus terbangun.

  2. Mempertimbangkan untuk mencari konseling keluarga atau bantuan kelompok dengan masalah yang sama dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah mental yang menimpa anak Anda. Sangat penting bagi Anda dan orang-orang terdekat untuk memahami hal yang dialami oleh anak Anda agar Anda turut mendapatkan dukungan terkait tindakan yang Anda lakukan untuk membantu anak Anda menjadi lebih baik.

  3. Untuk membantu anak Anda berhasil di sekolah, jangan malu untuk menginformasikan kepada guru kelas ataupun guru bimbingan konseling di sekolah bahwa anak Anda memiliki kondisi mental tertentu. Jika perlu, Anda dapat bekerja sama dengan staf di sekolah untuk membuat rencana akademik yang dapat memenuhi kebutuhan anak Anda.

Jika Anda khawatir tentang kesehatan mental anak Anda, jangan ragu untuk meminta nasihat dari dokter ataupun keluarga terdekat Anda. Sebisa mungkin jauhi perasaan malu ataupun takut untuk mencari bantuan terkait kondisi mental anak Anda.

Dengan dukungan yang tepat, Anda dapat mengetahui tindakan yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi kondisi kesehatan mental anak dan mengeksplorasi pilihan pengobatan yang sesuai untuk membantunya berkembang.

0 Komentar

Belum ada komentar