Sukses

Sakit di Rongga Mulut, Sariawan atau Kanker? Kenali Gejalanya

Sariawan dan kanker memiliki kondisi yang mirip, yakni timbulnya lesi di rongga mulut. Kenali perbedaan sariawan dan kanker bersama drg. Arni Maharani berikut ini.

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan sekitarnya.

Kanker rongga mulut merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sangat mematikan. Menurut American Cancer Society, kanker rongga mulut merupakan penyakit di mana laki-laki mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalaminya dibandingkan dengan wanita.

Kanker yang terjadi di dalam mulut ini bisa berada pada pipi, lidah, bibir, dasar mulut, langit-langit rongga mulut, dan pharing.

Sering kita mengalami kelainan yang terjadi pada rongga mulut dengan berbagi macam bentuk. Namun terkadang, kita menganggap bahwa kelainan/luka/lesi tersebut merupakan sariawan.

Namun demikian, ada baiknya jika Anda memperhatikan dan membedakan apakah luka yang terjadi di dalam rongga mulut tersebut merupakan sariawan ataukah luka yang terkait dengan penyakit lain, seperti gejala awal kanker.

Perlu Anda ketahui, sariawan mempunyai karakter berupa lesi dengan bentuk oval, bagian tengah berwarna putih kekuningan atau keabu-abuan dengan tepi yang kemerahan, dan akan sembuh dalam 7-10 hari.

Sedangkan kanker rongga mulut mempunyai karakter berupa Leukoplakia dan Erythroplakia. Menurut World Health Organization (WHO), leukoplakia adalah lesi berwarna putih yang tidak dapat dikerok dan mempunyai tampilan berbeda dengan sariawan, dan eritroplakia merupakan lesi yang berwarna merah yang juga mempunyai bentuk sangat berbeda dengan sariawan.

Gejala lain yang biasa timbul pada kanker rongga mulut, antara lain:

  • Benjolan atau penebalan pada jaringan dalam mulut
  • Rasa sakit dan rasa seperti ada yang tersangkut ditenggorokan
  • Gangguan dalam penelanan dan berbicara
  • Gangguan dalam menggerakkan rahang dan lidah
  • Gangguan dalam mengunyah
  • Sakit pada telinga
  • Perdarahan tanpa sebab yang terjadi di dalam mulut, atau mulut mudah berdarah dan tidak sembuh lebih dari 2 minggu
  • Rasa kebas pada lidah, leher atau bagian lainnya di dalam mulut
  • Gangguan dalam penggunaan gigi palsu lepasan yang membuat gigi tiruan tidak pas dan nyaman
  • Penurunan berat  badan yang cukup drastic

Bila terdapat luka atau lesi berwarna merah dan putih di dalam rongga mulut Anda yang tidak kunjung sembuh dalam waktu dua minggu, sebaiknya Anda segera membawa diri Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan, dan biopsi bila diperlukan.

 

0 Komentar

Belum ada komentar