Sukses

7 Tanda Peringatan Gangguan Mental pada Anak

Gangguan mental yang terjadi pada anak karena suatu hal harus diketahui sejak dini. Berikut 7 tanda peringatan gangguan mental pada anak oleh dr. Muhammad Anwar Irzan.

Mengetahui sejak dini gangguan mental yang dimiliki anak sangat penting bagi para orangtua agar kondisi tersebut tidak mempengaruhi pertumbuhan mereka.

Tanda-tanda peringatan bahwa anak Anda mungkin memiliki masalah dengan kondisi kesehatan mentalnya, antara lain:

  1. Perubahan mood

Anak memiliki perasaan sedih/tidak menentu yang berlangsung setidaknya dua minggu, atau perubahan suasana hati yang parah yang menyebabkan terjadinya masalah dalam berhubungan di rumah ataupun sekolah.

  1. Perasaan intens

Anak memiliki perasaan takut/khawatir secara berlebihan yang tak beralasan, dan terkadang disertai dengan jantung berdebar yan diiringi dengan napas cepat, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Perubahan perilaku

Perubahan perilaku anak, termasuk perubahan drastis dalam hal kepribadian anak, serta timbulnya perilaku yang berbahaya atau out-of-control.

  1. Kesulitan berkonsentrasi

Anda dapat mengetahui anak Anda mengalami gangguan mental saat mereka mulai memperlihatkan tanda-tanda kesulitan fokus, dan bisa menyebabkan penurunan nilai di sekolahnya.

  1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Apabila anak tiba-tiba kehilangan nafsu makan, muntah yang lebih sering, atau anak menggunakan pencahar, mungkin hal tersebut dapat menunjukkan gangguan makan yang terjadi pada anak Anda.

  1. Gejala fisik

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak dengan kondisi kesehatan mental dapat memiliki keluhan gangguan mental, seperti sakit kepala dan sakit perut, daripada kesedihan atau kecemasan.

  1. Penyalahgunaan zat

Beberapa anak-anak menggunakan narkoba atau megonsumsi alkohol untuk mencoba untuk mengatasi gangguan perasaan yang mereka alami.

0 Komentar

Belum ada komentar