Sukses

Olahraga yang Pas untuk Anda yang Sibuk

Berbagai alasan untuk tidak berolahraga pasti pernah kita lontarkan. Sibuk, lelah, atau yang lainnya. Yuk, baca ini agar Anda bisa tetap berolahraga saat sibuk!

Kurang olahraga membuat kita dalam risiko yang lebih tinggi untuk menderita serangan jantung atau stroke. Penyakit tersebut adalah dua penyakit paling mematikan di dunia dan Indonesia. Ironis, karena penyakit tersebut sebenarnya memiliki faktor risiko yang dapat dicegah atau dikontrol.

Salah satu kiat untuk mengurangi risiko serangan jantung atau stroke adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga rutin, bukan olahraga sekali-kali atau olahraga kalau sempat.

Lantas, bagaimana kita berolahraga kalau tidak punya waktu? Bagaimana mau olahraga kalau makan siang saja kadang tidak sempat? Kapan mau olahraga kalau pagi sudah ke tempat kerja, lalu pulang sudah larut malam?

Ya, hal-hal di atas sering kali menjadi kesulitan untuk kita. Anda tidak sendirian. Banyak orang juga merasakan hal yang sama.

Berikut ini beberapa kiat berolahraga untuk orang yang sibuk:

  1. Prinsipnya, sediakan waktu untuk olahraga, bukan menyisakan waktu untuk olahraga. Anjuran dari American Heart Association, aktivitas aerobik dilakukan setidaknya 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu. Aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, jogging, berenang atau bersepeda.
  2. Jalan kaki sangat menyenangkan, dan dapat dilakukan sambil mengobrol dengan keluarga atau teman kerja.
  3. Olahraga dapat dilakukan sambil menonton TV di pusat kebugaran sekaligus bersosialisasi.
  4. Di Jakarta, ada Car Free Day tiap hari Minggu. Nikmati jalan, jogging, dan bersepeda di jalan yang lengang yang biasa kita lalui dengan kendaraan bermotor.
  5. Olahraga dapat Anda lakukan pagi hari, sore hari atau kapanpun Anda sempat tergantung situasi rutinitas Anda. Kalau perlu, bawalah baju ganti dan peralatan mandi.
  6. Bagaimana dengan keseharian di tempat kerja? Usahakan menggunakan tangga, bukan eskalator atau lift. Sedapat mungkin, gunakan kaki Anda dan usahakan banyak bergerak. Hal tersebut memang tidak menggantikan olahraga. Tapi, setidaknya Anda masih akan mendapat manfaat dari kebiasaan Anda yang terus aktif bergerak di tempat kerja.  

Yang penting untuk diketahui, olahraga rutin kita lakukan justru supaya badan tetap fit dan segar untuk bekerja. Olahraga yang dilakukan sekali-kali malah membuat badan terasa pegal-pegal, sehingga tidak mendapat manfaatnya.

Jadi, kapan Anda akan memulai olahraga rutin? Hari ini. Lakukanlah mulai sekarang dan seterusnya!

0 Komentar

Belum ada komentar