Sukses

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

Menginjak usia senja, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan untuk sekedar pola makan. Ada beberapa panduan berikut ini dari dr. Adithia Kwee yang dapat membantu disini

Menjadi tua pasti akan dialami oleh semua orang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang karena proses penuaan otomatis akan berdampak pada perubahan pola hidup terutama pola makan. Perubahan apa saja yang terjadi pada orang lanjut usia atau lansia?

  1. Makanan yang diperuntukkan bagi lansia harus mengandung zat gizi dari makanan yang beraneka ragam, yang terdiri dari zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur karena lansia juga membutuhkan asupan gizi seimbang. 

  1. Porsi makan lansia harus diperhatikan. Jangan terlalu kenyang dalam sekali makan. Porsi makan hendaknya diatur merata dalam satu hari sehingga dapat makan lebih sering dengan porsi yang kecil. Bila terdapat kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau gigi palsu kurang baik, maka makanan yang diberikan harus lunak/lembek atau dicincang. 

  1. Lansia dianjurkan untuk banyak minum dan kurangi garam.  Dengan banyak minum dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan, dan menghindari makanan yang terlalu asin akan memperingan kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya darah tinggi. 

  1. Batasi makanan yang manis-manis atau gula, minyak dan makanan yang berlemak seperti santan, mentega dll. Hal ini disebabkan pada lansia cenderung lebih berpotensi untuk terkena penyakit kencing manis dan kolesterol tinggi. Batasi pula mengkonsumsi kopi atau teh, boleh diberikan tetapi harus diencerkan sebab berguna pula untuk merangsang gerakan usus dan menambah nafsu makan. 

  1. Berikan makanan mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, hati, telur, daging rendah lemak, bayam, dan sayuran hijau. Lebih dianjurkan untuk mengolah makanan dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang kurangi makanan yang digoreng. 

  1. Sarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari, seperti sayuran dan buah-buahan segar, roti dan sereal. Hal ini untuk mengatasi perubahan saluran cerna, untuk mengurangi resiko konstipasi dan hemoroid. 

Baca juga:

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

Ini Dia Risikonya Minum Obat Langsing Sembarangan

0 Komentar

Belum ada komentar