Sukses

Tujuh Cara Jitu Mencegah Karang Gigi

Karang gigi tidak hanya dapat menyebabkan masalah pada gigi, tapi juga membahayakan kesehatan organ tubuh lainnya. Bagaimana cara untuk mencegah karang gigi ini?

Tidak hanya mengganggu ketika tertawa dan tersenyum, karang gigi juga membahayakan kesehatan gigi, mulut dan tubuh kita. Jika sudah menumpuk di gigi, mau tidak mau harus dibersihkan. Karena selain bisa menyebabkan masalah pada gigi, karang gigi juga membahayakan kesehatan organ tubuh lainnya.

Namun, terbentuknya karang gigi yang berasal dari plak ini bisa dicegah dengan mudah, lho! Berikut cara-caranya:  

  1. Menyikat gigi dua kali sehari, selama minimal dua menit. Pastikan Anda menyikat gigi dengan cara yang benar atau mencapai semua permukaan gigi yang bisa terjangkau sikat gigi. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut atau sedang, serta kepala yang sesuai dengan mulut Anda.
  2. Gunakan obat kumur untuk membersihkan dan membunuh bakteri pada plak gigi. Berkumurlah sehari sekali dengan obat kumur antiseptik atau obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta bahan yang mampu mengontrol pembentukan karang gigi. Kandungan triclosan pada pasta gigi juga bisa mengontrol bakteri pada plak.
  4. Bersihkan sela-sela gigi (flossing) dengan menggunakan dental floss atau benang khusus gigi. Perhatikan cara membersihkan sela-sela gigi yang benar, agar kebersihannya bisa maksimal dan mencegah kerusakan gusi akibat flossing yang salah.
  5. Hindari atau kurangi jenis makanan dan minuman yang manis dan banyak mengandung gula.
  6. Minum air putih yang cukup setelah makan untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan menetralisir.
  7. Hentikan kebiasaan merokok, karena merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya dikaitkan dengan terbentuknya karang gigi.

Selain cara-cara di atas, lakukanlah kontrol karang gigi ke dokter sebanyak dua kali dalam setahun, agar gigi selalu terjaga kebersihannya.

0 Komentar

Belum ada komentar