Sukses

Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian

Gigi berlubang bukan merupakan penyakit yang dapat disepelekan. Hal ini dikarenakan komplikasi yang terjadi akibat gigi berlubang yang tidak dirawat cukup beragam dan bisa mengancam nyawa.

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang. Meski begitu, penyakit ini sering kali dianggap biasa saja. Banyak juga yang beranggapan bahwa penyakit gigi berlubang ini tidak berbahaya, dan pada gigi susu ini tidak masalah karena toh nantinya gigi susu yang berlubang akan digantikan gigi tetap.

Pada dasarnya, gigi berlubang bukan merupakan penyakit yang bisa disepelekan apalagi diabaikan. Hal ini dikarenakan komplikasi yang terjadi akibat gigi berlubang yang tidak dirawat cukup beragam dan bisa mengancam nyawa.

Berikut adalah beberapa komplikasi yang bisa ditimbulkan akibat gigi berlubang:

  • Rasa sakit.
  • Gangguan ketika mengunyah.
  • Infeksi dan abses.
  • Gigi patah.
  • Gangguan posisi pada gigi tetap.
  • Infeksi yang dapat menyebabkan kematian.

Bagaimana gigi berlubang bisa berisiko kematian?

Gigi berlubang yang tidak dirawat lama-kelamaan akan menjadi besar, dan infeksi yang terjadi akan berlanjut pada kamar saraf gigi sehingga menyebabkan gigi menjadi mati. Infeksi juga akan terus menjalar sampai pada jaringan di bawah gigi, yang selanjutnya menimbulkan abses berisi nanah.

Abses bisa terus menyebar terutama pada pasien dengan daya tahan tubuh yang lemah. Timbulnya abses ini akan menyebabkan pembengkakan di daerah sekitar gigi hingga daerah wajah dan leher. Nanah dari abses juga dapat tembus sampai ke pipi.

Kondisi yang paling parah disebut dengan istilah Ludwig’s angina, di mana abses telah menyebar pada rongga sekitar wajah dan terjadi pembengkakan yang cepat. Sehingga penderita akan merasakan gejala-gejala seperti: demam, lemas, rasa sakit, lidah bengkak, sakit pada leher, pembengkakan pada leher, kemerahan pada leher, kesulitan menelan, dan kesulitan bernapas. Pada kondisi seperti ini, penderita harus segera ditangani karena bisa berdampak fatal bahkan menyebabkan kematian.

Perlu Anda ketahui, bahwa semakin dini lubang gigi ditangani maka akan semakin menguntungkan kita dari segi kesehatan dan ekonomi. Karena biaya perawatan pada kerusakan dini gigi berlubang akan jauh lebih murah dan sederhana. Jadi, segeralah rawat gigi berlubang Anda walaupun tidak ada keluhan apa pun. 

0 Komentar

Belum ada komentar