Sukses

Cara Mencegah Diri dari Gigitan Ular

Gigitan ular bisa sangat fatal akibatnya, apalagi jika tidak ditangani dengan segera. Yuk, kenali cara mencegah diri dari gigitan ular di sini.

Aktivitas luar ruangan, hobi memelihara ular, tinggal di daerah yang dekat dengan kebun atau sawah, serta pekerjaan yang terkait dengan kondisi-kondisi tersebut meningkatkan kemungkinan diri Anda terkena gigitan ular. Karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah diri dari gigitan ular.

Kebanyakan dari gigitan ular mengenai organ ekstremitas yaitu tangan atau kaki serta jari. Pada jari, sering terjadi pada para pencari ular itu sendiri. Sedangkan pada kaki, lebih sering terjadi pada orang yang tidak sengaja mengganggu ular tersebut, seperti pecinta alam, pesepeda, atau anak kecil yang sedang bermain.

Selain itu, orang yang hobi memelihara reptil-reptil eksotik seperti ular atau kadal juga menjadi populasi yang sering terkena gigitan ular.

Sebenarnya, gigitan ular dapat dicegah dengan kiat-kiat berikut:

  1. Tingkatkanlah kewaspadaan apabila berkunjung ke daerah seperti bukit, hutan, sawah atau kebun. Jika tidak sengaja menemui ular tersebut, kenali bentuknya untuk menyadari berbisa atau tidaknya hewan tersebut.
  2. Apabila melihat ular di alam liar, jangan pernah terpikir untuk mengganggunya. Ingatlah bahwa jangkauan serangan ular ialah 2/3 dari panjang badannya.
  3. Jangan pernah terpikir untuk mencoba menangkap ular yang ditemui. Apabila melihat ular mati, jangan sekali-kali membawanya tanpa pengetahuan yang memadai, karena ular tetap dapat mengeluarkan bisa atau racun 90 menit setelah ular tersebut mati.
  4. Jika naik gunung atau pergi bersepeda, hindari minum alkohol karena dapat menurunkan kondisi kewaspadaan.

Demikian yang dapat Anda aplikasikan untuk menolong diri Anda sendiri, setidaknya dari serangan gigitan ular. Anda juga bisa melakukan pelatihan mandiri untuk mencegah gigitan ular dan penanganan pertama pada orang yang tergigit ular.

0 Komentar

Belum ada komentar