Sukses

3 Tips Membakar Kalori Lebih Banyak Meski Sedang Tidur

Tahukah Anda bahwa saat tidur tubuh juga dapat membakar kalori? Berikut 3 tips membakar kalori lebih banyak meski sedang tidur oleh dr. Alvin Nursalim.

Baner Fitbar

Mungkin Anda berpikir bahwa tubuh Anda tidak akan membakar banyak kalori ketika Anda tertidur. Namun, fakta menunjukkan bahwa ternyata tubuh Anda juga akan membakar kalori walaupun Anda sedang tertidur.

Seperti yang telah diketahui, tubuh dapat tetap membakar kalori walaupun Anda sedang tertidur. Hal ini dapat terjadi karena tubuh melakukan berbagai fungsi dasar metabolisme, seperti memperbaiki sel yang rusak, menjaga suhu tubuh internal tetap stabil, dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Berbagai fungsi dasar inilah yang menyebabkan tubuh masih membakar kalori walaupun dalam keadaan tidur.

Jumlah kalori yang terbakar saat tidur termasuk rendah. Apabila berat badan Anda adalah 70 kg, maka Anda akan membakar 69 kalori per jam saat Anda tertidur. Selama 8 jam Anda tertidur, maka sebanyak 552 kalori akan terbakar. Sedangkan seorang dengan berat badan 55 kg akan membakar 51 kalori per jam saat tertidur, atau sekitar 408 kalori selama 8 jam tidur.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan pembakaran kalori saat tidur, antara lain:

  1. Tidur dengan jam yang tetap

Ingin memaksimalkan jumlah kalori yang dibakar selama tidur? Gunakanlah alarm atau buatlah pola tidur yang tetap. Tidurlah pada jam yang sama setiap malam sehingga Anda akan mendapatkan jumlah tidur dalam, atau fase Rapid Eye Movement (REM) yang cukup.

Saat fase Rapid Eye Movement (REM), tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Oleh karena itu, Anda harus menghindari untuk minum alkohol sesaat sebelum Anda tidur, karena alkohol akan mengganggu fase Rapid Eye Movement (REM) saat Anda tertidur.

  1. Tidur yang cukup

Mungkin Anda berpikir jika Anda mengganti waktu tidur dengan berolahraga maka tubuh Anda akan membakar kalori dengan jumlah yang lebih banyak. Namun jika Anda tidur kurang dari 7 jam sehari, maka hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda dapat meningkat dan menyebabkan Anda makan lebih banyak.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Data dari sebuah penelitian pada tikus menyimpulkan bahwa tikus yang diberikan makan sebelum tidur akan mengalami kenaikkan berat badan lebih banyak dibandingkan kelompok tikus yang diberikan makan saat siang hari. Hal ini berhubungan dengan pembakaran kalori yang lebih efektif saat siang hari, sesuai dengan siklus sirkadian-nya.

Jadi mulai sekarang jangan anggap sepele tidur Anda. Pasalnya, tidur merupakan jenis aktivitas yang aktif secara metabolisme dan melibatkan pembakaran kalori yang signifikan. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam program diet, jangan lupakan tidur yang cukup dan berkualitas.

0 Komentar

Belum ada komentar