Sukses

Ini Kriteria Kacamata Hitam untuk Halau Sinar Ultraviolet

Memilih kacamata hitam tidak boleh sembarangan, terlebih lagi jika tujuannya adalah untuk melindungi mata dari sinar UV. Ini tips memilih kacamata hitam yang baik untuk kesehatan mata.

Tidak hanya saat cuaca panas, dalam keadaan mendung pun paparan sinar ultraviolet (UV) mungkin masih tinggi. Salah satu cara untuk melindungi mata Anda dari sinar UV adalah dengan memakai kacamata hitam. Apa sajakah tips memilih kacamata hitam?

Seperti efeknya pada kulit, sinar UV dapat masuk menembus mata pada kedalaman yang berbeda. Hal ini tentunya bisa membahayakan lensa dan kornea mata.

Sinar UV terbagi menjadi dua jenis, yaitu ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Perbedaan di antara keduanya adalah kemampuan dalam menembus mata.

Sinar UVA melewati semua lapisan permukaan sampai ke lensa. Sedangkan sinar UVB sepenuhnya diserap oleh kornea mata.

Artikel Lainnya: Cara Mengetahui Efek Pelindung Kacamata Hitam Anda

1 dari 3 halaman

Bahaya Paparan Sinar Ultraviolet

Berikut ini kerusakan mata yang dapat terjadi akibat paparan sinar UV:

  • Photokeratitis dan Photoconjunctivitis

Kedua penyakit ini menimbulkan peradangan. Photokeratitis adalah peradangan kornea, sedangkan photoconjunctivitis merupakan peradangan pada konjungtiva (selaput yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan rongga mata).

Kedua penyakit ini bisa sangat menyakitkan, namun mereka tidak mengakibatkan kerusakan penglihatan jangka panjang.

  • Pterigium

Pterigium merupakan suatu penyakit mata yang ditandai dengan adanya pertumbuhan di bagian putih mata. Pertumbuhan ini dapat meluas ke atas kornea dan mengakibatkan gangguan penglihatan, bahkan terkadang menimbulkan peradangan.

Meskipun dapat dihilangkan dengan pembedahan, pterigium cenderung kambuh.

  • Katarak

Katarak adalah penurunan kualitas optik dari lensa mata. Normalnya, lensa tidak berwarna dan bening seperti kaca. Bila mengalami kekeruhan, lensa akan menjadi berwarna putih, karena terletak di dalam bola mata.

Penyakit ini merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa hingga 20 persen dari katarak disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet secara berlebihan.

  • Kanker Mata

Melanoma adalah kanker ganas yang paling sering terjadi pada bola mata. Kanker ini membutuhkan operasi pengangkatan untuk dapat dihilangkan. Lokasi umum yang biasanya terkena karsinoma sel basal adalah kelopak mata.

  • Degenerasi Makula

Paparan sinar UV membuat Anda lebih mungkin terkena degenerasi makula. Kondisi ini menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan pada bagian tengah dari lapang pandang, sementara bagian samping umumnya tidak terpengaruh.

Artikel Lainnya: Lima Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Menangkal Paparan Sinar UV

Agar kacamata hitam dapat efektif menghalau sinar UV, berikut 10 kriteria kacamata hitam yang perlu diperhatikan.

1. Pilih Kacamata Hitam dengan Proteksi Sinar UV Hingga 100 persen

Kacamata hitam yang baik adalah yang memberikan proteksi sinar UV 100 persen. Umumnya terdapat stiker atau keterangan pada produk tersebut yang mencantumkan perlindungan 100 persen.

2. Dibuat dan Dikemas dengan Baik

Perhatikan dengan cermat apabila Anda ingin membeli kacamata. Untuk menilai kualitas dari lensa kacamata yang Anda beli, Anda dapat melakukan tips berikut.

Pegang gelas pada jarak yang nyaman, lalu tutup satu mata Anda. Kemudian, pindahkan gelas tersebut perlahan dari sisi ke sisi, naik dan turun. Jika garis tetap lurus, berarti lensa kacamata tersebut baik.

Namun jika garis tampak bergoyang, terutama di bagian tengah lensa, cobalah untuk memilih kacamata lain.

3. Tahan Benturan

Standar SNI juga berlaku saat Anda akan membeli kacamata. Lensa dari plastik mungkin akan lebih tahan lama dibanding lensa kaca, jika terkena lemparan batu atau bola.

Namun, lensa berbahan policarbonated dapat berfungsi dengan lebih baik. Lensa ini menawarkan proteksi benturan, terutama untuk aktivitas dan olahraga yang berisiko tinggi.

4. Polarized

Lensa polarized cocok digunakan ketika memancing dan mengemudi karena dapat menghilangkan silau sinar matahari yang memantul dari permukaan yang halus, seperti trotoar, jendela mobil, atau air.

Namun, lensa ini tidak ada hubungannya dengan penyerapan sinar UV, tetapi banyak lensa yang terpolarisasi sekarang dikombinasikan dengan zat penghalang sinar UV.

Ketika membeli kacamata, periksalah label untuk memastikan lensa yang Anda beli memberikan perlindungan terhadap sinar UV secara maksimal.

Artikel Lainnya: Waspadai Efek Samping Tabir Surya pada Tubuh

5. Lensa Berwarna Gelap

Warna dan tingkat kegelapan lensa tidak mengindikasikan kemampuan lensa untuk memblokir sinar UV. Namun, lensa yang berwarna lebih gelap dapat digunakan di keadaan yang lebih terang.

6. Photochromic

Lensa ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda karena dapat menyesuaikan secara otomatis. Misal, ketika dalam cahaya terang akan menjadi gelap, dan ketika berada di keadaan cahaya rendah maka lensa berubah menjadi lebih terang.

Namun, dibutuhkan waktu bagi lensa tersebut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang berbeda.

7. Jenis Bingkai Kacamata

Jenis bingkai memengaruhi kemampuan kacamata dalam menghalau sinar UV dari samping, serta mencegah pasir dan partikel debu masuk ke dalam mata. Maka dari itu, tips selanjutnya adalah memilih bingkai kacamata hitam yang besar dan menutupi hingga bagian sekitar mata.

8. Shading Kacamata

Kacamata dengan shading tunggal (lebih gelap di atas dan terang di bawah) dapat menghalau silau, namun membuat Anda tetap melihat jelas pada bagian bawah. Kacamata UV jenis ini baik digunakan saat mengemudi karena tidak menghalangi pandangan Anda dari dashboard.

9. Kacamata Hitam “Berwarna” Juga Efektif

Walaupun namanya kacamata hitam, lensa kacamata sunglasses sebenarnya dapat berwarna-warni. Lensa berwarna hijau, abu-abu, dan kekuningan dapat ditemukan di pasaran serta tetap efektif melindungi terhadap sinar UV. Warna ini ditujukan untuk meningkatkan kontras saat melihat.

10. Proteksi Lebih Utama

Sering kali, Anda memilih kacamata hanya dari modelnya saja. Jangan lupa, fungsi utama kacamata hitam adalah untuk perlindungan, walaupun tetap dapat membuat penampilan lebih menarik.

Jadi, tips membeli kacamata hitam yang terakhir adalah memastikan produk pilihan Anda memiliki proteksi yang baik sebelum terpaku pada modelnya.

Tentunya, Anda sekarang sudah lebih paham tips memilih kacamata hitam yang baik. Jangan lupa, selain tampil gaya, pilihlah kacamata dengan proteksi 100 persen dari sinar ultraviolet.

Ingin tahu lebih lanjut seputar topik ini? Yuk, tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar