Sukses

Cara Make Up Mata yang Benar dan Aman

Cedera mata dan infeksi sering menimpa pengguna make up. Oleh karena itu, ikuti kiat aman menggunakan riasan mata berikut ini.

Ada banyak sekali produk alat rias mata dengan variasi jenis dan warna yang menarik. Mulai dari eyeliner, eyeshadow, maskara, dan masih banyak lagi.

Namun, sadarkah Anda bahwa cedera mata dan infeksi sering terjadi pada wanita yang menggunakan riasan mata? Hal ini salah satunya diakibatkan oleh partikel kecil alat rias yang tanpa disadari masuk ke mata.

Nah, agar mata aman selama mengenakan alat rias, berikut ini cara make up mata yang sebaiknya Anda perhatikan:

1. Buanglah Alat Rias Mata Setelah Tiga Bulan

Cara make up mata tetap aman adalah mencermati peralatan make up yang digunakan. Pastikan Anda membuang alat rias apabila sudah digunakan dalam waktu tiga bulan.

Pasalnya, bakteri penyebab infeksi mudah tumbuh di alat make up mata dalam bentuk krim atau cairan. Jika Anda terkena infeksi mata, segera buang semua alat rias mata Anda.

Tak hanya itu, Anda juga sebaiknya memperhatikan tanggal kedaluwarsa alat rias mata. Perlu diketahui, maskara dapat digunakan 2 hingga 4 bulan setelah produk dibuka. Sementara, eyeliner sebaiknya digunakan dalam jangka waktu 3 bulan, terutama yang berbentuk gel atau cair.

Artikel Lainnya: Dampak Pakai Makeup Sejak Kecil bagi Kulit Anak

1 dari 4 halaman

2. Jangan Pernah Berbagi Alat Rias Mata

Selain rutin mengganti alat make up untuk mata selama jangka tiga bulan, Anda pun sebaiknya tidak berbagi alat rias mata dengan siapa pun. Cara make up mata yang aman ini tentu dapat menurunkan risiko Anda terkena infeksi.

Selain itu, ketika Anda akan mencoba sampel produk riasan di toko, usahakan Anda memilih sampel yang belum terkontaminasi oleh beberapa pengguna. Pilihan yang paling aman adalah untuk tidak mencobanya sama sekali.

3. Coba Alat Rias Satu per Satu

Jika Anda mempunyai kecenderungan alergi, cara agar make up mata tidak mengiritasi adalah dengan menggunakan alat rias atau produk mata yang baru satu per satu. Jika tidak ada reaksi, Anda boleh memakai satu produk baru lain dan seterusnya.

Sebaliknya, jika Anda melihat ada reaksi alergi, cari tahu bahan-bahan yang terkandung dan beritahukan kepada dokter. Selain itu, hindari produk yang mengandung bahan kimia yang belum diuji atau berbahaya.

Artikel Lainnya: 10 Bahan Berbahaya yang Ada di Produk Kecantikan

2 dari 4 halaman

4. Pastikan Kebersihan Wajah dan Kelopak Mata

Sebelum menggunakan alat rias, pastikan wajah dan kelopak mata dalam keadaan bersih. Selalu gunakan alat rias di luar garis bulu mata, jauh dari mata. Ini dilakukan untuk menghindari kelenjar minyak kelopak mata atas atau bawah terhalang.

Di samping itu, cara pakai make up mata yang sebaiknya Anda perhatikan adalah jangan pernah merias wajah saat berada di kendaraan yang bergerak. Hal ini untuk mencegah partikel masuk ke dalam area mata.

5. Hindari Riasan Berbahan Serpihan

Jika mata Anda cenderung kering, hindari logam/gliter, bubuk, atau riasan lain yang berupa serpihan. Serpihan bisa masuk ke dalam selaput mata dan meningkatkan iritasi pada mata.

Make up mata jenis gliter merupakan penyebab umum dari iritasi kornea atau infeksi, terutama pada pengguna lensa kontak.

Artikel Lainnya: Kosmetik Glitter, Aman atau Tidak?

3 dari 4 halaman

6. Hapus Semua Riasan Mata Sebelum Tidur

Selain memperhatikan cara make up bagian mata, Anda dianjurkan untuk selalu menghapus riasan mata di malam hari sebelum tidur untuk mencegah iritasi. Apalagi maskara yang menempel pada bulu mata.

Anda bisa menggunakan kapas bersih untuk menghapus semua sisa riasan. Jika Anda menggunakan remover, hindari agar tidak terkena mata.

7. Gunakan Make Up Khusus untuk Mata

Cara agar make up mata tidak mengiritasi dapat dilakukan dengan memastikan bahwa produk yang digunakan adalah produk khusus mata. Hindari menggunakan produk yang belum melalui rangkaian uji klinis atau mengandung bahan kimia berbahaya.

8. Hindari Penggunaan Make Up Mata pada Kondisi Tertentu

Bagi Anda yang baru melakukan operasi mata, sebaiknya penggunaan make up mata dihindari sampai dokter mata memperbolehkan untuk menggunakannya kembali. Pastikan juga Anda menggunakan alat rias mata yang baru.

Selain itu, ketika Anda mengalami infeksi mata, jangan menggunakan make up mata sampai infeksi mata Anda sembuh.

Demikian berbagai cara make up mata yang aman. Sebelum memilih produk make up mata, coba dahulu pada area tubuh Anda, misalnya belakang leher. Hindari untuk langsung mencobanya di mata, ya!

Apabila Anda masih punya pertanyaan terkait topik ini, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 Jam di KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar