Sukses

Begini Cara Memakai Makeup Mata Agar Tidak Iritasi

Sadarkah Anda bahwa cedera mata dan infeksi sering terjadi pada wanita yang menggunakan riasan mata? Karena itu, bacalah cara tepat memakai riasan mata di sini.

Banyak sekali produk alat rias dengan variasi jenis dan warna yang menarik. Apalagi produk alat rias mata seperti eyeliner, eyeshadow, maskara dan masih banyak lainnya.

Tapi, sadarkah Anda bahwa cedera mata dan infeksi sering terjadi pada wanita yang menggunakan riasan mata? Salah satunya diakibatkan oleh partikel kecil alat rias yang tanpa kita sadari masuk ke mata.

Tentunya hal tersebut dapat dihindari jika kita mengetahui cara memakai dan menghapus riasan mata dengan benar.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika memakai alat rias mata, berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Amerika (American Academy of Ophthalmology):

  • Buanglah alat rias mata setelah tiga bulan. Bakteri penyebab infeksi mudah tumbuh di alat rias mata dalam bentuk krim atau cairan. Jika Anda terkena infeksi mata, segera buang semua alat rias mata Anda.
  • Jangan pernah berbagi alat rias mata. Selain itu, gunakan sampel yang belum terkontaminasi oleh beberapa pengguna ketika mencoba alat rias di toko. (Pilihan paling aman adalah untuk tidak menggunakan sampel toko sama sekali.)
  • Jika Anda mempunyai kecenderungan alergi, gunakan alat rias atau produk mata yang baru satu per satu. Jika tidak ada reaksi, Anda boleh memakai satu produk baru lain dan seterusnya. Jika Anda melihat ada reaksi alergi, cari tahu bahan-bahan yang terkandung dan beritahukan kepada dokter. Hindari produk yang mengandung bahan kimia yang belum diuji atau berbahaya.
  • Sebelum menggunakan alat rias, pastikan wajah dan kelopak mata dalam keadaan bersih. Selalu gunakan alat rias di luar garis bulu mata, jauh dari mata, untuk menghindari kelenjar minyak kelopak mata atas atau bawah terhalang. Di samping itu, jangan pernah merias wajah saat berada di kendaraan yang bergerak.
  • Jangan memisahkan maskara pada bulu mata yang mengelompok dengan benda tajam.
  • Jika mata Anda cenderung kering, hindari logam/glitter, bubuk atau riasan lain yang berupa serpihan. Serpihan bisa masuk ke dalam selaput mata dan meningkatkan iritasi pada mata. Riasan mata jenis glitter merupakan penyebab umum dari iritasi kornea atau infeksi, terutama pada pengguna lensa kontak.
  • Hapus semua riasan mata di malam hari sebelum tidur, terutama maskara yang menempel pada bulu mata. Anda bisa menggunakan kapas bersih untuk menghapus semua sisa riasan. Jika Anda menggunakan remover, hindari agar tidak terkena mata.
  • Bagi Anda yang baru melakukan operasi mata, sebaiknya tidak memakai riasan di sekitar mata sampai dokter mata Anda memperbolehkan untuk menggunakannya kembali. Pastikan juga Anda menggunakan alat rias mata yang baru.

0 Komentar

Belum ada komentar