Sukses

Kiat Agar Tenang dalam Hadapi Persalinan

Perencanaan persalinan tidak kalah pentingnya dengan menjaga kehamilan ibu selama ini. Simak cara-cara menghadapi persalinan dari dr. Karunia Ramadhan.

Setelah hampir 10 bulan ibu mengandung, tibalah saatnya sang ibu akan melahirkan bayinya. Ibu akan menghadapi salah satu momen paling penting dalam kehamilannya yaitu persalinan.

Perencanaan persalinan tidak kalah pentingnya dengan menjaga kehamilan ibu selama ini. Banyak dari pasangan keluarga yang cemas menghadapi proses persalinan, terutama pada ibu dengan kehamilan pertama. Untuk itu, diperlukan kiat-kiat agar ibu dan keluarga siap dan tenang menghadapi persalinan

Berikut yang dapat dilakukan keluarga dalam mempersiapkan persalinan ibu:

  1. Pastikan lagi kepada dokter atau bidan yang merawat ibu kapan tanggal perkiraan persalinan.
  2. Mintalah pendapat kepada dokter atau bidan mengenai proses persalinan yang sesuai untuk ibu, apakah dapat melahirkan dengan cara normal ataupun operasi jika terdapat risiko penyulit.
  3. Mintalah bantuan kepada tenaga kesehatan untuk menjelaskan bagaimana posisi dan cara yang benar pada saat melahirkan. Pengetahuan mengenai cara persalinan yang benar akan memberikan kepercayaan diri dan semangat tersendiri bagi ibu untuk menghadapi persalinan.
  4. Pentingnya kehadiran suami atau keluarga terdekat pada saat persalinan. Dengan adanya orang terdekat ibu akan membuat ibu lebih tenang.
  5. Pastikan ibu melahirkan didampingi oleh dokter maupun bidan terlatih. Segera hubungi tenaga kesehatan Anda begitu ada tanda ibu ingin melahirkan. Melakukan proses kelahiran di pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit akan memberikan rasa tenang bagi ibu dan keluarga. Karena jika terjadi suatu penyulit pada proses kelahirannya, maka akan dapat langsung ditangani oleh dokter ahli.
  6. Persiapkan kebutuhan ibu dan bayi pada saat persalinan dan setelah persalinan, seperti pakaian ibu, perlengkapan bayi maupun kebutuhan makanan ibu selama proses persalinan.
  7. Siapkan biaya persalinan. Biaya tersebut akan berguna untuk membeli obat-obatan dan keperluan kesehatan lain yang diperlukan ibu dan bayi. Ada baiknya ibu didaftarkan kedalam jaminan kesehatan seperti BPJS kesehatan, di mana biaya persalinan akan ditanggung sebagian oleh pemerintah.
  8. Berdoa juga berguna untuk memberikan ketenangan bagi ibu dan keluarga dalam menghadapi proses persalinan.

Diharapkan dengan menerapkan cara di atas, proses persalinan menjadi sebuah momen yang tidak perlu ditakuti oleh ibu dan keluarga. Tenang dan siap dalam menghadapi kelahiran akan membantu kelancaran proses persalinan ibu. Bayi sehat dan ibu selamat merupakan harapan dari seluruh keluarga.

2 Komentar