Sukses

Lidah Buaya, Bahan Alami untuk Melawan Diabetes

Lidah buaya diyakini sebagai jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk melawan diabetes. Namun, benarkah lidah buaya dapat melawan penyakit diabetes? Berikut ulasannya.

Usai terdiagnosis diabetes mellitus, usaha mengelola kadar gula darah harus dilakukan demi mencegah komplikasi. Yakni, dengan menjalani gaya hidup sehat dan rutin minum obat, jika diresepkan dokter. Di samping itu, ada bahan-bahan alami yang dipercaya bisa melawan diabetes. Salah satunya, lidah buaya. Apa manfaat lidah buaya untuk penderita diabetes?

Kenali Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit gangguan metabolisme tubuh yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Penyakit ini dapat terjadi karena produksi insulin yang bermasalah ataupun karena gangguan penyerapan gula darah akibat gangguan kerja insulin.

Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk mengangkut gula pada darah menuju jaringan. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat atau dalam dunia medis disebut dengan hiperglikemia.

Terdapat berbagai jenis diabetes, tapi yang paling sering terjadi adalah DM tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang diakibatkan adanya gangguan respons jaringan terhadap insulin. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Penyebab lain DM tipe 2 ini adalah karena konsumsi gula yang berlebihan. Ini menyebabkan pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan insulin. Ini hingga pada akhirnya pankreas menjadi rusak. Keadaan pankreas yang rusak dapat berakibat pada menurunnya produksi insulin.

Diabetes adalah gangguan kesehatan yang serius. Apabila kadar gula darah tidak terkontrol, berbagai komplikasi dapat terjadi, seperti impotensi, kaki diabetes yang berujung amputasi, gangguan jantung, gangguan ginjal, stroke, rentan terkena TB, koma diabetikum, dan kematian. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dan kesadaran bagi para penderita diabetes terkait tata laksana dalam menjalankan pola hidup yang sesuai.

Artikel Lainnya: Selain Minum Obat, 4 Hal Ini Bisa Mengobati Diabetes

1 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Diabetes

Belakangan ini, selain pengobatan konvensional, para ahli juga telah mengembangkan dan meneliti beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menunjang pengobatan diabetes.

Bahan alami yang diteliti sebagai suatu hal yang dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus adalah aloe vera atau lidah buaya. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk diabetes.

  • Lidah Buaya sebagai Hipoglikemik

Lidah buaya punya kemampuan hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) yang kuat. Itu sebabnya, tanaman berduri ini sangat bermanfaat bagi penderita yang terdiagnosis diabetes, baik DM tipe 1 maupun DM tipe 2.

Kandungan kimia dalam lidah buaya, seperti kromium dan alprogen, juga dapat berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Kromium dipercaya berperan dalam merangsang sekresi insulin oleh sel-sel beta pankreas. Senyawa organik aloe emodin di dalam lidah buaya dapat pula berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

  • Lidah Buaya Memiliki Kandungan Tinggi Glukomanan

Kandungan yang terdapat di lidah buaya yaitu glukomanan. Ini adalah polisakarida dari jenis hemiselulosa yang terdiri dari rantai galaktosa, glukosa, dan manosa. Zat ini mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah dapat turun secara signifikan.

  • Lidah Buaya Mengandung Antrakuinon

Antrakuinon, yaitu glikosida, dalam lidah buaya yang berfungsi sebagai “zat pengobat” alami dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak, dan mempunyai efek hipoglikemik. Zat ini sangat diperlukan dalam rangka pengobatan dan mencegah komplikasi akibat diabetes.

Artikel Lainnya: Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

  • Lidah Buaya Mengandung Kadar Antioksidan dan Antiinflamasi

Lidah buaya mengandung kadar antioksidan dan antiinflamasi yang sangat kuat. Zat-zat tersebut dapat melindungi tubuh dari kemungkinan luka yang akan terjadi pada penderita diabetes, seperti bisul, gangren, dan ulkus.

Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi terhadap ginjal, otak, dan juga jantung.

  • Lidah Buaya Dapat Merangsang Produksi Insulin

Manfaat Lidah Buaya untuk diabetes lainnya, tanaman ini dapat merangsang produksi insulin. Itu sebabnya, tanaman berdaging bening ini dapat mengontrol keadaan hiperglikemia.

  • Lidah buaya merupakan bahan alami

Lidah buaya merupakan bahan pengobatan alami sehingga hanya sedikit kemungkinan bagi penggunanya untuk mendapatkan efek samping dari lidah buaya tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

2 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya Lainnya

Nah, selain bermanfaat dalam menurunkan gula darah, aloe vera ternyata juga menyimpan berbagai manfaat yang lain, lho! Berikut beberapa di antaranya.

  • Gel lidah buaya bermanfaat dalam penanganan ketombe.
  • Jus lidah buaya baik untuk konstipasi.
  • Baik untuk kolesterol.
  • Memiliki efek antioksidan.

Beberapa penelitian awal menunjukkan manfaat lidah buaya untuk diabetes. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lidah buaya dalam pengobatan diabetes.

Jangan lupa, perubahan gaya hidup, berupa pola makan sehat dan olahraga, adalah pilar utama penanganan diabetes!

Anda punya pertanyaan seputar mengelola penyakit diabetes mellitus? Tanyakan langsung pada dokter via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar