Sukses

Okra, Sayur dari Etiopia untuk Obati Diabetes

Okra memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk diyakini dapat mengobati diabetes. Apakah benar demikian? Yuk, baca faktanya di sini!

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah. Jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Mengapa demikian?

Gaya hidup masyarakat modern yang buruk ikut berkontribusi terhadap terjadinya penyakit ini, seperti pola makan yang tidak seimbang, kurang berolahraga, kurang istirahat, dan tingkat stres yang tinggi.

Makanan yang kita konsumsi juga berperan penting terhadap terjadinya penyakit ini. Karena itu, dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan, maka kadar gula darah akan terkontrol dengan baik sehingga kemungkinan menderita diabetes dapat dicegah.

Apakah okra itu?

Okra merupakan jenis sayuran yang berasal dari Etiopia. Saat ini okra banyak diolah serta dikonsumsi dalam bentuk sup, kaldu, dan sayuran yang direbus atau digoreng.

Dikenal dengan nama biologis Abelmoschus esculentu, okra diyakini mempunyai efek yang bermanfaat terhadap kadar gula darah. Selain itu, okra juga kaya akan komponen-komponen yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Benarkah okra dapat menjadi obat diabetes?

Sejauh ini penelitian soal okra banyak dilakukan pada binatang, sedangkan penelitian yang dilakukan pada manusia masih sangat terbatas.

Pada sebuah penelitian uji binatang yang diterbitkan di Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences (2011), diketahui bahwa tikus yang diberikan okra secara rutin selama 10 hari mengalami penurunan kadar gula dan lemak yang signifikan di dalam darahnya.

Apa yang menyebabkan okra dapat dengan baik menurunkan kadar gula darah?

Ternyata, kadar serat yang terkandung di dalam okra bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dengan cara memperlambat tingkat penyerapan gula di dalam usus.

Penelitian lain yang dilakukan di Taiwan yang dipublikasikan di Jurnal Planta Medica (2005) menunjukkan bahwa komponen myricetin yang terkandung di dalam okra dapat meningkatkan kemampuan otot tikus untuk menyerap glukosa sehingga kadar gula darah akan turun.

Dari beberapa penelitian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa okra bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan baik.

Apa saja manfaat okra untuk kesehatan?

Berikut adalah beberapa manfaat okra bagi kesehatan:

  • Menurunkan kadar gula darah

Okra memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih baik dan terkontrol. Pada penelitian yang dilakukan pada binatang juga diketahui bahwa okra dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula di usus.

  • Tinggi serat

Okra merupakan sayuran yang mempunyai kadar serat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat mempunyai efek yang baik untuk kesehatan, seperti membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan rasa lapar. Bagi penderita diabetes, makanan yang kaya serat dibutuhkan dalam diet sehari-hari karena konsumsi makanan yang tinggi serat telah terbukti membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat insulin bekerja lebih baik.

  • Efek antistres tubuh

Kandungan antioksidan di dalam okra dapat menurukan kadar stres tubuh, sehingga secara tidak langsung membantu menurunkan kadar gula darah.

  • Menangani kolesterol

Pada sebuah uji yang dilakukan pada binatang, okra yang kaya akan serat dan antioksidan ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Penderita diabetes yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi berisiko terkena penyakit jantung dan ginjal yang lebih tinggi pula, oleh karena itu konsumsi okra sangat baik untuk menurunkan gula darah dan kolesterol.

  • Meningkatkan energi tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi okra dapat menurunkan level kelelahan. Kombinasi antara konsumsi okra dan rutin berolahraga dapat meningkatkan energi dan membuat seseorang menjadi tidak cepat lelah.

Walaupun Anda mengonsumsi okra, jika Anda masih memiliki pola makan dan gaya hidup yang buruk maka kadar gula darah akan tetap sulit terkontrol. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi okra yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita ini.

 

0 Komentar

Belum ada komentar