Sukses

Dapatkah Ikan Gabus Mengatasi Diabetes?

Ikan gabus kerap dijuluki sebagai ikan obat dalam masyarakat kita, bahkan diyakini dapat menangani diabetes.

Ikan gabus merupakan salah satu makanan tradisional di Indonesia. Salah satu contohnya adalah masakan ikan gabus pucung yang merupakan salah satu masakan khas Betawi.

Selain rasanya yang nikmat, ikan gabus kerap dijuluki sebagai ikan obat dalam masyarakat kita. Benarkah demikian? Apa saja khasiat yang terkandung dalam ikan gabus?

Ikan gabus dalam dunia kesehatan telah dikenal mengandung kadar albumin (jenis protein yang penting bagi tubuh) yang tinggi, sehingga dokter kerap menganjurkan konsumsi ikan gabus terutama pada pasien yang kekurangan albumin dalam tubuhya. Misalnya, pada pasien penyakit hati kronis dan malnutrisi.

Selain itu, ikan gabus juga mengandung mineral seng dan antioksidan dalam jumlah besar sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa penelitian di tingkat internasional juga sudah membuktikan manfaat lain dari ikan gabus, seperti membantu penyembuhan luka dan mempercepat pengecilan rahim dan penyembuhan wanita setelah operasi cesar.

Ikan Gabus untuk Diabetes

Selain hal di atas, ternyata sebuah penelitian terbaru di Indonesia menemukan potensi lainnya dari ikan gabus yaitu membantu pengobatan penyakit diabetes.

Penelitian ini dilakukan oleh beberapa peneliti dari Surabaya. Peneliti tersebut menelaah manfaat pemberian ikan gabus pada hewan percobaan yang telah diberikan zat untuk merusak pankreasnya, sehingga hewan percobaan tersebut menderita diabetes. Perlu diketahui bahwa pankreas merupakan organ tubuh yang salah satunya berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin. Kerusakan pankreas dapat menyebabkan penurunan produksi insulin sehingga menyebabkan penyakit diabetes.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus dapat memperbaiki hampir 70 persen jaringan pankreas hewan yang rusak. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam ikan gabus. Walaupun penelitian ini baru dilakukan pada hewan, penelitian ini dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ikan gabus terhadap penyakit diabetes.

Penelitian lanjutan pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan manfaat ikan gabus bagi penyakit diabetes. Namun demikian, memang tidak ada salahnya untuk memasukkan ikan gabus dalam daftar makanan sehari-hari kita, karena telah dijelaskan di atas bahwa ikan gabus memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar